Kamis, 23 Januari 2014

551 Tahun, Leonardo da Vinci Tetap 'Hidup'

Leonardo da Vinci/ Mirror

Tahukah Anda? Pada 15 April 2013 kemarin adalah hari ulang tahun salah satu tokoh yang paling kreatif dalam sejarah, Leonardo da Vinci. Dan, ini merupakan waktu yang tepat untuk mengingat penemuan ilmiah dan kreasi artistik yang berbentuk kehidupan jenius dan mempengaruhi dunia.

Da Vinci prihatin dengan hukum sains dan alam, yang sangat menginformasikan karyanya sebagai pematung, penemu, pelukis, dan draftsmen. Ide-idenya dan hasil kerjanya, yang meliputi Virgin of the Rocks, The Last Supper, Leda and Swan, dan Mona Lisa - telah mempengaruhi seniman yang tak terhitung jumlahnya dan membuat da Vinci sebagai cahaya terkemuka pada masa Renaissance Italia.

Leonardo da Vinci lahir pada tanggal 15 April 1452, di Vinci, Italia. Lahir di luar pernikahan, anak hasil cinta dari seorang notaris yang dihormati dengan seorang wanita petani muda, namun ia dibesarkan oleh ayahnya, Ser Piero, dan ibu tirinya.
Pada usia 14 tahun, da Vinci mulai bekerja magang dengan artis Verrocchio. Selama enam tahun, ia belajar banyak tentang keterampilan teknis, termasuk pengerjaan logam, seni kulit, pertukangan kayu, menggambar dan memahat. Pada usia 20 tahun, ia telah memenuhi syarat sebagai seniman besar dalam Guild of Saint Luke dan mendirikan bengkel sendiri.
Florentine sebuah catatan pengadilan menunjukkan bahwa da Vinci didakwa dengan dan dibebaskan dari sodomi pada usia 22 tahun, dan selama dua tahun, keberadaannya sepenuhnya tidak terdokumentasi.

Pada tahun 1482, Lorenzo de 'Medici, seorang pria dari keluarga Italia yang terkemuka, menugaskan da Vinci untuk membuat kecapi perak dan membawanya ke Ludovico il Moro, Duke of Milan, sebagai isyarat perdamaian.
Da Vinci melakukannya dan kemudian menulis Ludovico sebuah surat yang menggambarkan bagaimana teknik dan bakat artistik akan menjadi layanan besar kepada pengadilan Ludovico. Surat untuk Ludovico  berhasil dan disenangi,  sehingga dari tahun 1482 sampai 1499, Leonardo ditugaskan untuk bekerja pada banyak proyek besar. Dan, selama waktu ini, da Vinci melukis "The Last Supper."
Lukisan da Vinci yang paling terkenal, dan bisa dibilang lukisan paling terkenal di dunia, "Mona Lisa," adalah sebuah karya agungnya dan selesai kira-kira antara 1505 dan 1507.  James Beck, seorang sejarawan seni di Columbia University, pernah menjelaskan.
"Ini adalah spiritualitas yang melekat pada makhluk manusia yang Leonardo mampu untuk ingenuine ke gambar yang menimbulkan sosok manusia semacam keagungan,” jelasnya menerangkan.(Sbh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

New Tutorial

Page Fans