Kamis, 23 Januari 2014

Leonardo Da Vinci Dengan segala Rahasia Indahnya

Pesan tersembunyi dalam sebuah lukisan telah menyebabkan bukti pertama dari sebuah karya 'hilang' Leonardo da Vinci yang telah berbaring tersembunyi selama 400 tahun dalam kompartemen rahasia di balik mural lain di Florence, ilmuwan diumumkan.
Sebuah 'endoskopi' probe dimasukkan ke bagian dalam dinding di Vechio Palazzo, dan diperoleh sampel kimia pigmen gelap yang Da Vinci juga digunakan dalam Mona Lisa.
Lukisan itu dianggap salah satu karya Da Vinci yang paling signifikan - tetapi sudah lama diasumsikan telah dihancurkan oleh api pada abad ke 16. Sekarang peneliti percaya bahwa mungkin telah diawetkan oleh dinding tersembunyi dibangun oleh pelukis lain.

Ilmuwan menggunakan probe hi-tech 'endoskopi' untuk mengebor ke dalam apa yang dianggap sebagai perumahan kompartemen rahasia Leonardo Da Vinci karya di dinding tersembunyi dari Palazzo Vecchio yang belum pernah terlihat dalam lebih dari empat abad.

Spanduk yang menunjukkan lukisan yang mungkin disembunyikan di balik dinding Vasari

Maurizio Seracini (depan) dan tim melihat rekaman nya ditangkap oleh endoskopi balik dinding Vasari di Palazzo Vecchio di Florence
Sebuah alat sampling yang akan ditempatkan ke dinding Vasari di Florence Palazzo Vecchio untuk mengekstrak bahan untuk analisis

Para arkeolog mulai menyelidiki di balik mural di Vechio Palazzo setelah seorang arkeolog menemukan kata-kata, 'Cerca trova' - 'mencari dan kamu akan menemukan' - tersembunyi di mural diperkirakan telah diganti pekerjaan Da Vinci, pelukis oleh Giorgio Vasari. 
Probe dilengkapi dengan kamera dan memungkinkan tim peneliti, yang dipimpin oleh ilmuwan Maurizio Seracini, untuk melihat apa yang di belakang Vasari dan mengumpulkan sampel untuk pengujian lebih lanjut.
Mereka menemukan bahan hitam mirip dengan pigmen digunakan dalam Mona Lisa, serta bahan krem yang tampaknya telah diterapkan dengan kuas. 

Endoskopi ini juga menemukan sebuah 'celah udara', yang mengisyaratkan bahwa Vasari mungkin telah diawetkan karya Da Vinci dengan membangun dinding di depannya sebelum melukis mural sendiri. 

"Data-data ini sangat menggembirakan," kata National Geographic Fellow Maurizio Seracini. "Meskipun kita masih dalam tahap awal penelitian dan masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk memecahkan misteri ini, bukti-bukti tidak menunjukkan bahwa kita mencari di tempat yang tepat." Banyak studi persiapan untuk lukisan, Pertempuran Anghiari, ada, yang memungkinkan sejarawan seni untuk memamerkan apa penemuan mereka akan terlihat seperti jika memang tersembunyi di Vechio Palazzo. 

Tetapi beberapa sejarawan seni skeptis, mengatakan lukisan dari Pertempuran Anghiari kemungkinan besar hancur sebelum Vassari dicat fresco barunya. 

Sejarawan seni Beberapa bekerja pada proyek menarik dukungan mereka dan Italia Nostra, alam Italia terkemuka dan seni kelompok konservasi, meminta pemerintah Florentine untuk menghentikan hal itu karena mereka mengatakan mempertaruhkan merugikan fresco Vassari dan karena mereka percaya itu tidak mungkin bahwa Leonardo asli ada di sana .
Vecchio Palazzio - ilmuwan percaya mereka telah menemukan jejak sebuah karya Leonardo Da Vinci di dinding tersembunyi dari Palazzo Vecchio yang belum pernah terlihat dalam lebih dari empat abad
Mona Lisa di Louvre - ilmuwan menemukan jejak pigmen Da Vinci hitam juga digunakan dalam Mona Lisa, berat pinjaman kepada teori bahwa lukisan itu masih tersembunyi di dalam dindingSeracini, seorang insinyur dengan pelatihan dan sekarang salah satu ahli terkemuka di dunia dalam bidang diagnostik seni, mulai mencari mural lebih dari 30 tahun yang lalu. 
Pada 1970-an, ia melihat kata-kata 'Cerca trova' - 'mencari dan kamu akan menemukan' - dicat dengan lukisan Vasari dan percaya itu adalah petunjuk untuk misteri Leonardo hilang. Sejak itu, Seracini telah melakukan laser, scan termal dan radar Hall untuk menentukan bahwa lokasi kemungkinan dari lukisan Leonardo adalah pada panel yang dipilih.
"Mengingat bahwa titik masuk yang sebenarnya berada di pinggiran wilayah asli kita fokus, hasil yang kita diperoleh akan sangat menjanjikan," kata Seracini. 

Pada 1503, da Vinci ditugaskan oleh Gonfaloniere Piero Soderini melukis 'Pertempuran Anghiari' di Aula 500 dari Palazzo Vecchio, pusat pemerintahan di Florence. 

Lukisan itu memperingati kemenangan 1440 dari pertempuran di dataran Anghiari antara Milan dan Liga Italia dipimpin oleh Republik Florence. 

Para Florentines muncul dari konflik sebagai kekuatan paling penting di Italia tengah, membentuk kembali kekuasaan Kepausan dan mendominasi politik Italia selama bertahun-tahun yang akan datang. 

Da Vinci menggunakan komisi sebagai kesempatan untuk bereksperimen dengan teknik mural baru, yang tidak bertemu dengan hasil yang ia harapkan, tapi tetap saja, karya ini kemudian disebut 'sekolah dunia.' 

Dalam Giorgio pertengahan abad 16 Vasari, dirinya pengagum karya da Vinci, diperbesar dan benar-benar direnovasi dan dicat Aula enam mural baru di dinding timur dan barat, mungkin menyembunyikan karya Leonardo. Dokumen asli mengkonfirmasi saksi mata dari melihat 'Perjuangan untuk Standar,' porsi 'Pertempuran Anghiari' yang selesai oleh Leonardo. 

http://www.dailymail.co.uk/sciencetech/article-2113830/Leonardo-da-Vinci-masterpiece-hidden-Palazzo-Vechio-secret-compartment-Florence.html
 

Leonardo akhirnya bisa datang ke cahaya

Datang dalam setelah sinar matahari cerah dari Florence Piazza della Signorina, jauh dari tempat di mana Savonarola puritan dibakar sampai mati pada tahun 1498 sebagai penutup untuk Bonfire sendiri dari Vanities, sulit untuk melihat apa-apa pada awalnya. Para pinggiran lebar dari sebuah hardhat tidak membantu. Jadi, begitu aku telah mendaki perancah sepanjang satu sisi aula besar dari Palazzo Vecchio, saya harus menggunakan lampu pucat layar ponsel saya melihat ke dalam lubang-lubang kecil yang telah dibuat dalam lukisan dinding yang besar. Itu adalah alat yang tidak konvensional, tapi kemudian selama bertahun-tahun ini mural, situs salah satu misteri yang mendalam dari seni Italia, telah mengalami suksesi teknik eksperimental, dari kamera serat optik untuk x-ray dan USG. Sejauh ini, pihak berwenang telah menarik garis dengan senjata neutron, karena takut radiasi agunan.
Teorinya adalah bahwa di balik adegan perang berbahaya oleh Giorgio Vasari terletak sebuah karya, yang besar hilang, dicat setengah abad sebelumnya - Leonardo da Vinci 's lukisan ditinggalkan, Pertempuran Anghiari.
Pada sebuah konferensi pers internasional pekan lalu, Profesor Maurizio Seracini, kontroversial "seni diagnosa" yang telah menghabiskan 30 tahun mencoba untuk mengungkap apa yang ada di balik pekerjaan Vasari, mengumumkan bahwa ia memiliki bukti segar. Pigmen hitam baru cat, dipetik dari lubang kecil dibuat di celah-celah yang ada, cocok dengan yang di cokelat digunakan pada Leonardo Mona Lisa. Itu adalah jauh dari meyakinkan menemukan, tetapi Seracini, berbicara di Florence akhir pekan ini, mengaku sangat gembira. "Saya tidak menyebutnya bukti, tapi aku sangat senang," katanya. "Jika Anda tidak merasa bahwa kegembiraan, mengetahui bahwa Anda sedang mencoba untuk mengungkap rahasia orang-orang besar seperti itu, maka jangan melakukan pekerjaan ini."
Profil tinggi kehebohan ilmiah Seracini adalah tidak dihargai di setiap sudut kota, dan reaksi di sini untuk pengumuman terbarunya mengungkapkan iritasi dengan meningkatnya minat dalam detektif seni Florence, orang-orang ahli yang mendiami persimpangan, glamor antara ilmu pengetahuan dan seni, sekarang dikenal sebagai diagnostik.
Dengan banyak bertahan teka-teki sejarah untuk memecahkan, serta serangkaian teka-teki milik fiksi penulis film thriller dari Dan Brown untuk Sarah Dunant, karya tim terampil yang menginterogasi kisah di balik seni Renaissance tidak pernah tampak begitu memikat. Bahwa perdagangan ini juga memungkinkan praktisi untuk hidup di antara pameran utama hanya menambah banding.
"Banyak orang ingin melakukan pekerjaan ini, tetapi, sebenarnya, pemeliharaan setidaknya sama pentingnya dengan ini, penyelidikan besar dan menyenangkan Jika kita melakukan membuktikan Leonardo ada,. Apa yang kita selanjutnya? Bagaimana kita melanjutkan?" kata Andrea Todorow, seorang konservator warisan.
Hati-hati ini diulang oleh Mauro Matteini, yang telah membantu metode bentuk konservasi di kota selama 40 tahun terakhir. "Kami pertama harus menjaga apa yang kita ketahui sudah kita miliki," katanya. "Kami sekarang bekerja pada patung Giambologna dari The Rape of Women Sabine dan kita perlu cara untuk mendapatkannya dipantau murah dan teratur, sehingga kita dapat membersihkannya sebelum kerusakan dilakukan Tapi meskipun begitu ada banyak pertanyaan.. Mungkin kita harus meletakkan up salinan, seperti yang kita miliki dengan Michelangelo David di piazza sama. Tapi kemudian orang ingin melihat hal yang nyata. "
Kerja Seracini, sekarang kukuh didukung oleh walikota muda kota, Matteo Renzi, disponsori oleh National Geographic, yang kini telah membuat sebuah trailer film yang dramatis untuk terompet temuannya.
Seorang insinyur biomedis dengan pelatihan, Seracini mengambil tantangan untuk menemukan lukisan asli Leonardo pada 1975, ketika ia melihat kalimat menggoda "Cerca trova", atau "pencari akan menemukan", palely tertulis di dekat bagian atas lukisan Vasari itu, tampaknya sebagai undangan kode untuk melihat di belakangnya.
"Ini telah menjadi pekerjaan yang paling penting yang pernah dikandung oleh Leonardo," kata Seracini."Dia adalah nomor satu seniman besar waktunya diminta untuk melukis di dalam simbol yang sangat Renaissance, sehingga ia ingin melanggar aturan dan menemukan cara melukis di dinding seperti lukisan minyak - untuk membebaskan dirinya dari segala keterbatasan fresco lukisan, di mana Anda harus bekerja cepat sebelum mengering plester. "
Sayangnya percobaan berani artis gagal. Leonardo tidak bisa mengeringkan cat berminyak ia mempekerjakan tanpa menggunakan braziers pembakaran yang merusak cat.
Komisi asli adalah semacam face-off antara dua besar, bakat saingan. Di dinding seberang Michelangelo telah diminta untuk membuat karya sendiri, tetapi, setelah menggambar beberapa template, ia dipanggil untuk bekerja di Kapel Sistina di Roma. Pada tahun 1563 Vasari diminta untuk menutupi dinding ruang sama luas di Palazzo di aula dewan.
Banyak pertanyaan yang belum terjawab yang berputar-putar di sekitar kehidupan pelukis Renaisans, menarik detektif profesional dan amatir, berbagi titik awal yang sama: Giorgio Vasari. Ini pelukis dan penulis, yang hidup antara 1511 dan 1574, adalah penting untuk memahami kisah era Medici subur.
"Itu waktu yang mendengung, dengan ditemukannya teknik baru dan penemuan kembali karya klasik juga," kata Todorow.
Tidak hanya Vasari melukis mural yang dapat menutupi karya Leonardo yang hilang, tetapi ia juga menulis teks kunci mencatat kehidupan dan karya dari bakat yang berjalan di depan Yesus. Hal ini Vasari yang mengambil benang tuduhan lama yang seorang seniman lukisan muda, Andrea del Castagno, telah dicuri dari studio satu malam untuk membunuh seorang pelukis saingan, Domenico Veneziano, dengan bludgeoning dia sampai mati, sebelum kembali dengan tenang memilih up kuas nya. Para ahli telah sejak menyangkal tuduhan itu, menunjukkan bahwa del Castagno meninggal empat tahun sebelum korbannya seharusnya.
Namun rendition Vasari tentang batu nisan yang memberatkan untuk cincin pelukis di bawah umur: "Envy berkobar dalam dirinya dan menyebabkan kemarahan, dan karena itu dia membunuh Domitio [sic] Veneziano dalam penyergapan."
Untuk Daniela Murphy, seorang konservator bekerja pada tinggi profil proyek di Florence, kata Vasari adalah selalu Patut dipertanyakan. "Saya membayangkan dia sedikit seperti kolumnis gosip. Dia sedikit aneh," katanya.
Namun demikian, deskripsi Vasari tentang adegan, tersembunyi pertempuran Leonardo yang belum selesai dapat diandalkan. Ceritanya tentang kuda mengesankan Leonardo dan perjuangan dramatis pusat untuk memenangkan umbul pertempuran yang didukung, tidak hanya oleh saksi mata lain, tetapi oleh salinan yang masih hidup, termasuk satu oleh Rubens.
Tapi ada keraguan yang jelas tentang apakah Vasari melanjutkan untuk melindungi Leonardo dengan menempatkan sebuah dinding di depan sebelum melukis adegan perang sendiri. "Dia cukup mampu menutupi kesalahan atas karya seniman lain ia mengaku mengagumi, jadi mengapa ia begitu hati di sini?"bertanya-tanya Murphy.
Saran bahwa pencarian kerja Leonardo adalah gangguan dari karya menekan konservasi diberhentikan oleh Seracini. Ia yakin proyek tersebut sangat penting untuk menjaga kepentingan umum dalam seni besar."Kita perlu menemukan cara baru untuk memikat generasi muda," katanya. "Dengan misteri ini Anda mendapatkan perhatian mereka Kami tidak ingin mereka digiring sekitar museum seperti domba.."
Jika intrik sejarah diperlukan, tidak ada kekurangan di Florence. Di seberang koridor dari perancah dan skrining National Geographic bahwa jubah penyelidikan Seracini adalah ruang kecil berpanel mana Francesco saya de 'Medici, Grand Duke of Tuscany, setelah diam-diam bereksperimen dengan racun dan tincture, sebelum nanti, jadi legenda, membuang tubuh menyusuri saluran air tersembunyi yang mengalir ke Arno.
Dunia infamously berbahaya dari Medici yang aneh tercermin dalam kompleksitas dan konflik yang dihadapi penelitian modern dan pemulihan di Florence. Hari ini, sementara itu adalah mungkin untuk menghindari dipukul, dibuang di sungai, atau dibakar seperti Savanorola, masih sebuah bisnis berbahaya.Meskipun Seracini melanjutkan sesuai dengan protokol, ia telah dikutuk oleh beberapa sejarawan seni untuk mengganggu sebuah karya seni yang menonjol berdasarkan firasat.
"Anda membutuhkan sikap keras kepala untuk tidak dihentikan oleh masalah tak berujung dan rasa harga diri, juga, karena anda akan tertimpa oleh oposisi," katanya akhir pekan ini.
Misinya yang lebih luas, jelasnya, adalah untuk mendobrak hambatan palsu ia mendeteksi antara sejarah seni dan ilmu pengetahuan. "Pendekatan ini sangat berbeda, tetapi Anda perlu pendekatan interdisipliner Setengah hidup saya, saya merasa bahwa sejarawan seni hanya menerima apa yang orang lain telah mengatakan.. Beberapa takut penerobosan ini ilmiah. Mereka akan kehilangan otoritas mereka."
Konservator kurang terkenal dan restorasi, terutama freelancer, harus mengintip untuk bekerja dari berbagai kuat, pemerintah yang tumpang tindih. Sementara kementerian Italia budaya memiliki gambaran umum, Florence dibagi menjadi grid administratif, di atas mana landmark utama dirawat oleh sebuah kepercayaan, kuat kuno atau "opera", dengan bau freemasonry tentang mereka.
Terlebih lagi, hanya ada beberapa rute pelatihan sepenuhnya diakui untuk mereka yang ingin mendapatkan tangan mereka kotor pada Giotto, termasuk masa studi di Opificio dihormati delle Pietre dure.
Murphy, yang telah menulis sebuah novel misteri, The Restorer, terletak di Florence abad ke-15 dan di antara zaman modern konservator, bekerja pada pemulihan salib pusat yang tergantung di atas altar di Basilika Santa Croce. Dia nakal menunjukkan bahwa dua dari wajah lebih memfitnah tampil dalam sebuah fresco Gadi Agnolo ada menunjukkan betapa sedikit yang berubah. "Mereka adalah bankir dan orang itu dari opera. Kota ini persis sama hari ini, dalam banyak hal," katanya.
Pekerjaan konservasi nya telah secara independen didanai oleh hadiah untuk Opera di Santa Croce, sedangkan pekerjaan yang luas pada lukisan dinding sekitarnya, termasuk dinding dengan Giotto, telah dibiayai oleh donor Jepang individu. Sebelum National Geographic datang, perjuangan panjang Seracini untuk menemukan Leonardo tersembunyi juga didukung oleh satu donor simpatik kunci, dermawan Loel Guinness.
Murphy memuji rasa Seracini terhadap tontonan dalam seni. "Itulah yang seni ini, setelah semua saya benar-benar terpesona oleh kehidupan para pelukis lukisan. Karena, dengan cara, mereka setara dengan pembuat film seperti Spielberg sekarang, atau mungkin efek khusus 3D ahli. Mereka tertarik wowing yang orang. "
Selama bekerja sendiri, lukisan-lukisan terkenal di Santa Croce sudah menyerah misteri kecil mereka juga.
Salah satu pelukis ternyata punya kebiasaan mengecat panjang, bulu mata cantik di tokoh kunci dalam lukisan dinding. "Saya tidak bisa membantu berpikir ia pasti favorit Agnolo," kata dia. "Saya memanggilnya pelukis boneka Barbie."
Konservator juga menemukan potret kecil dari pemulih awal abad ke-20, Amedeo Benini, di dedaunan di dasar satu panel. Sebuah egois berkembang seperti ini akan keluar dari pertanyaan sekarang, dengan penekanan yang masuk akal pada pemantauan dan pemeliharaan.
Tapi, sementara pekerjaan Murphy berhati-hati untuk menjaga penampilan sebenarnya dari usia, dia bisa menghargai pipi yang menawan Benini dan drama hi-tech ilmu Seracini itu. Leonardo, dia percaya, sebagai penemu master dan pemain sandiwara, akan disetujui. Seracini sama-sama yakin: "Saya sangat yakin ini adalah cara Leonardo ingin ditemukan, ditelusuri, dengan teknologi terbaru," katanya.

LABEL

Pintu-pintu Ghiberti Disebut "Gates of Paradise" oleh Michelangelo, pintu Lorenzo Ghiberti itu pada Baptistry dari Duomo kemudian dijelaskan oleh Giorgio Vasari sebagai "tak dapat disangkal sempurna dalam segala hal dan harus peringkat sebagai karya terbaik yang pernah dibuat", tapi sejak tahun 1990 mereka telah memiliki salinan. Panel yang asli sedang dirawat di museum Duomo ini, beberapa dapat dilihat oleh pengunjung.
Michelangelo David Salah satu patung paling terkenal di dunia, berdiri di luar Palazzo Vecchio untuk lebih dari 300 tahun dan menunjukkan David saat dia mempersiapkan untuk menyerang Goliath. Patung (foto) dipindahkan ke Galeri Accademia pada tahun 1873 dan salinannya terjadi di 1910.
Fasad Michelangelo Michelangelo hilang Pada tahun 1516 memenangkan kompetisi untuk merancang depan marmer untuk gereja keluarga Medici, Basilika San Lorenzo. Sebuah model menunjukkan bangunan yang direncanakan sebagai "cermin arsitektur dan patung dari seluruh Italia".
Dia bekerja di sana selama setidaknya dua tahun, membuka tambang di Pietrasanta, tetapi pada tahun 1520 keuangan semua adalah beralih ke proyek lainnya. Baru tiga kolom marmer telah ditemukan. Jika kolom keempat, yang Vasari mengatakan dimakamkan di Florence ini disinterred, mereka bisa disesuaikan.

Dan jika ingin membaca Kode2 Da Vinci, bisa dibuka di web:
http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://www.soulsofdistortion.nl/2012_freemasons_revelations.html
 
Mmmm.. Perlu pula Qta ketahuii.. siapakah Leonardo Da Vinci innii..??

Leonardo da Vinci

Dari Wikipedia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi , cari
Leonardo da Vinci

Potret diri dengan kapur merah , sekitar 1512-1515 [nb 1]
Kerajaan Perpustakaan dari Turin
Nama lahirLeonardo di ser Piero da Vinci
LahirApril 15, 1452 
Vinci, Italia , dekat Florence
Meninggal2 Mei 1519 (umur 67)
Amboise , Prancis
KebangsaanItalia
BidangBanyak dan beragam bidang seni dan ilmu
GerakanTinggi Renaissance
BekerjaMona Lisa , The Last Supper , The Vitruvian Man
Leonardo di ser Piero da Vinci (Italia pengucapan: [leonardo da vintʃi] Tentang suara ini pengucapan April 15, 1452 - 2 Mei 1519, Old Style ) adalah seorang Renaissance Italia polymath : pelukis, pematung, arsitek, musisi, ilmuwan, matematikawan, insinyur, penemu, ahli anatomi, ahli geologi, pembuat peta , ahli botani , dan penulis yang jenius, mungkin lebih dari itu dari setiap tokoh lainnya, melambangkan cita-cita Renaissance humanis. Leonardo telah sering digambarkan sebagai pola dasar dari Renaissance Man , seorang yang "rasa ingin tahu tak terpadamkan" dan "imajinasi kreatif tergesa-gesa". [1] Ia secara luas dianggap sebagai salah satu terbesar pelukis sepanjang masa dan mungkin yang paling berbakat diversely orang yang pernah hidup. [2] Menurut sejarawan seni Helen Gardner , ruang lingkup dan kedalaman kepentingannya adalah tanpa preseden dan "pikiran dan kepribadian tampaknya kita manusia super, manusia itu sendiri misterius dan terpencil". [1] Marco Rosci menunjukkan, bagaimanapun, bahwa sementara ada banyak spekulasi tentang Leonardo, visinya tentang dunia pada dasarnya logis bukan misterius, dan bahwa metode empiris yang ia gunakan tidak biasa untuk zamannya. [3]
Lahir di luar nikah ke notaris , Piero da Vinci, dan seorang wanita petani, Caterina, pada Vinci di wilayahFlorence , Leonardo dididik di studio pelukis Florentine terkenal, Verrocchio . Sebagian besar kehidupan awal kerjanya dihabiskan dalam pelayanan Ludovico il Moro di Milan. Dia kemudian bekerja di Roma,Bologna dan Venice , dan ia menghabiskan tahun-tahun terakhirnya di Prancis di rumah diberikan kepadanya oleh Francis I .
Leonardo dan terkenal [2] terutama sebagai seorang pelukis. Di antara karya-karyanya, yang Mona Lisaadalah yang paling terkenal dan paling diparodikan potret [4] dan The Last Supper lukisan keagamaan yang paling direproduksi sepanjang masa, dengan ketenaran mereka didekati hanya oleh Michelangelo 'sPenciptaan Adam . [1] gambar Leonardo dari Vitruvian Man juga dianggap sebagai ikon budaya , [5] yang direproduksi pada item beragam seperti euro, buku teks, dan T-shirt. Mungkin lima belas lukisannya bertahan hidup, jumlah kecil karena terus-menerus, dan sering bencana, eksperimentasi dengan teknik baru, dan penundaan kronis. [nb 2] Namun demikian, karya-karya beberapa, bersama dengan notebook, yang mengandung gambar, diagram ilmiah , dan pemikirannya tentang sifat lukisan, menulis kontribusi kepada generasi selanjutnya dari seniman hanya dapat disaingi oleh yang dari sezamannya, Michelangelo .
Leonardo dihormati [2] untuk kecerdikan teknologi nya. Dia mengkonseptualisasikan sebuah helikopter , sebuah tangki , terkonsentrasi tenaga surya , kalkulator, [6] dan lambung ganda , dan ia menguraikan teori dasar dari lempeng tektonik . Relatif sedikit dari desain yang dibangun atau bahkan layak selama hidupnya,[nb 3] tetapi beberapa penemuannya yang lebih kecil, seperti otomatis gelendong pukulan dan mesin untuk menguji kekuatan tarik kawat, memasuki dunia manufaktur unheralded. [nb 4] Dia membuat penemuan penting dalam anatomi , teknik sipil , optik , dan hidrodinamika , tetapi ia tidak mempublikasikan temuannya dan mereka tidak memiliki pengaruh langsung pada ilmu pengetahuan kemudian. [7]

 

HIDUP

Anak, 1452-1466

Foto sebuah bangunan dari batu kasar dengan jendela kecil, dikelilingi oleh pohon-pohon zaitun.
Leonardo masa kecil rumah diAnchiano
Pen gambar lanskap dengan pegunungan, sungai di lembah yang dalam, dan sebuah istana kecil.
Leonardo gambar paling awal dikenal, Lembah Arno (1473), Uffizi
Leonardo lahir pada April 15, 1452 (Gaya Lama), "pada jam ketiga malam" [nb 5] di Tuscan kota bukit Vinci, di lembah yang lebih rendah dari Sungai Arno di wilayah Medici yang dikuasai Republik Florence . [9] Dia adalah out-of-nikah putra Piero Messer kaya Fruosino di Antonio da Vinci, Firenze hukum notaris , dan Caterina, petani. [8] [10] [nb 6] Leonardo memiliki tidak ada nama keluarga dalam pengertian modern, "da Vinci" hanya berarti "dari Vinci": nama lahir lengkapnya adalah "Lionardo di ser Piero da Vinci", yang berarti "Leonardo, (anak) dari (Mes) ser Piero dari Vinci". [ 9] Dimasukkannya judul "ser" menunjukkan bahwa ayah Leonardo adalah seorang gentleman.
Sedikit yang diketahui tentang kehidupan awal Leonardo. Ia menghabiskan pertamanya lima tahun didusun dari Anchiano di rumah ibunya, kemudian dari 1457 ia tinggal di rumah tangga, kakek dan pamannya, Francesco, di kota kecil Vinci. Ayahnya menikah dengan seorang gadis enam belas tahun bernama Albiera, yang mencintai Leonardo tetapi mati muda. [11] Ketika Leonardo adalah enam belas ayahnya menikah lagi, untuk dua puluh tahun Francesca Lanfredini. Tidak sampai pernikahan ketiga dan keempat yang Ser Piero diproduksi ahli waris yang sah. [12]
Leonardo menerima pendidikan informal dalam bahasa Latin, geometri dan matematika. Di kemudian hari, Leonardo tercatat hanya dua insiden kecil. Satu, yang dianggap sebagai pertanda, adalah ketika sebuahlayang-layang turun dari langit dan melayang di atas buaian, ekornya bulu menyikat wajahnya. [13] Yang kedua terjadi ketika menjelajahi di pegunungan. Ia menemukan sebuah gua dan kedua takut bahwa beberapa rakasa besar mungkin mengintai di sana dan didorong oleh rasa ingin tahu untuk mengetahui apa yang ada di dalamnya. [11]
Kehidupan awal Leonardo telah menjadi subyek dari dugaan sejarah. [14] Vasari , penulis biografi abad ke-16 pelukis Renaisans bercerita tentang bagaimana seorang petani setempat membuat dirinya perisai bulat dan meminta agar Ser Piero memilikinya dicat baginya. Leonardo menanggapi dengan sebuah lukisan api meludah rakasa yang begitu mengerikan bahwa Ser Piero menjualnya kepada pedagang seni Florentine, yang menjualnya pada Duke of Milan . Sementara itu, telah membuat keuntungan, Ser Piero membeli perisai dihiasi dengan hati yang tertusuk panah, yang dia berikan kepada petani. [15]
Lukisan menunjukkan Yesus, telanjang kecuali kain pinggang-, berdiri dalam aliran dangkal dalam lanskap berbatu, sedangkan ke kanan, Yohanes Pembaptis, diidentifikasi oleh salib yang ia bawa, air kiat di atas kepala Yesus. Dua malaikat berlutut di sebelah kiri. Di atas Yesus adalah tangan Allah, dan burung merpati turun.
Baptisan Kristus (1472-1475) - Uffizi, dengan Verrocchio dan Leonardo

Verrocchio lokakarya, 1466-76

Pada 1466, pada usia empat belas, Leonardo magang ke artis Andrea di Cione, yang dikenal sebagaiVerrocchio , yang lokakarya adalah "salah satu yang terbaik di Florence". [16] pelukis terkenal lainnya magang atau berhubungan dengan workshop termasuk Domenico Ghirlandaio , Perugino , Botticelli , danLorenzo di kreditur . [11] [17] Leonardo akan terekspos baik pelatihan teori dan berbagai macam keterampilan teknis [18] termasuk penyusunan, kimia, metalurgi, logam, pengecoran plester, kulit bekerja , mekanik dan pertukangan serta keterampilan artistik gambar, patung lukisan, dan pemodelan. [19] [nb 7]
Sebagian besar produksi dicat workshop Verrocchio itu dilakukan oleh karyawannya. Menurut Vasari, Leonardo berkolaborasi dengan Verrocchio pada nya Baptisan Kristus , melukis malaikat muda memegang jubah Yesus dengan cara yang sangat jauh lebih unggul dari tuannya yang Verrocchio meletakkan kuas dan tidak pernah dicat lagi. [20] Di dekat pemeriksaan, lukisan itu mengungkapkan banyak yang telah dicat atau disentuh selama bertahun- tempera menggunakan teknik baru dari cat minyak , dengan lansekap, batu-batu yang dapat dilihat melalui aliran gunung coklat dan banyak sosok saksi bantalan Yesus kepada tangan Leonardo. [21] Leonardo mungkin telah menjadi model untuk dua karya oleh Verrocchio: patung perungguDaud di Bargello dan Raphael malaikat di Tobias dan Malaikat . [10]
Dengan 1472, pada usia dua puluh, Leonardo memenuhi syarat sebagai master dalam Guild of St Lukas , serikat seniman dan dokter pengobatan, [nb 8] tapi bahkan setelah ayahnya menjebaknya di bengkel sendiri, lampiran untuk Verrocchio begitu besar sehingga dia terus berkolaborasi dengan dia. [11] yang paling awal karya Leonardo tanggal terkenal adalah sebuah gambar dalam pena dan tinta dari Arno lembah, yang diambil pada tanggal 5 Agustus 1473. [nb 9] [17]

Profesional hidup, 1476-1513

Florentine pengadilan catatan dari acara 1476 bahwa Leonardo dan tiga pemuda lainnya didakwa dengansodomi dan dibebaskan. [10] [nb 10] Dari tanggal tersebut sampai 1478 tidak ada catatan dari karyanya atau bahkan keberadaannya. [22] Pada 1478 ia meninggalkan studio Verrocchio dan tidak lagi tinggal di rumah ayahnya. Seorang penulis, yang "Anonimo" Gaddiano mengklaim bahwa di 1480 dia tinggal dengan Medici dan bekerja di Taman Piazza San Marco di Florence, seorang Neo-Platonis akademi seniman, penyair dan filsuf bahwa Medici telah didirikan. [10 ] Pada Januari 1478, ia menerima pertamanya dari dua komisi independen: untuk melukis altarpiece untuk Kapel St Bernard di Palazzo Vecchio dan, pada bulan Maret 1481, Pemujaan Orang Majus . untuk Monks San Donato sebuah Scopeto [ 23] Baik komisi selesai, yang kedua disela ketika Leonardo pergi ke Milan.
Pada 1482 Leonardo, yang menurut Vasari adalah seorang musisi yang paling berbakat, [24] menciptakan perak kecapi dalam bentuk kepala kuda. Lorenzo de 'Medici dikirim Leonardo ke Milan, membawa kecapi sebagai hadiah, untuk mengamankan perdamaian dengan Ludovico il Moro , Duke of Milan . [25] Pada saat ini Leonardo menulis surat yang sering dikutip menjelaskan hal-hal luar biasa dan beragam banyak bahwa ia bisa mencapai di bidang teknik dan menginformasikan Ludovico bahwa ia juga bisa melukis. [17] [26 ]
Leonardo bekerja di Milan dari 1482 sampai 1499. Dia ditugaskan untuk melukis Virgin of the Rocksuntuk Confraternity Immaculate Conception dan The Last Supper untuk biara Santa Maria delle Grazie .[27] Antara 1493 dan 1495 Leonardo tercantum seorang wanita bernama Caterina antara tanggungannya dalam dokumen perpajakan nya . Ketika dia meninggal pada 1495, daftar pengeluaran pemakaman menunjukkan bahwa dia adalah ibunya. [28]
Leonardo telah bekerja pada proyek-proyek yang berbeda untuk Ludovico, termasuk penyusunan mengapung dan kontes untuk acara-acara khusus, desain untuk sebuah kubah untuk Milan Cathedral dan model untuk besar monumen berkuda untuk Francesco Sforza , pendahulunya Ludovico. Tujuh puluh tonperunggu disisihkan untuk casting. Monumen masih belum selesai selama beberapa tahun, yang tidak biasa bagi Leonardo. Tahun 1492 model tanah liat kuda selesai. Ini melampaui dalam ukuran dua patung berkuda besar hanya dari Renaissance, Donatello itu patung Gattemelata di Padua dan Verrocchio Bartolomeo Colleoni di Venice, dan menjadi dikenal sebagai "Gran Cavallo". [17] [nb 11]
Sebuah halaman dengan dua gambar dari kuda perang, satu dari samping, dan yang lainnya menunjukkan dada dan kaki kanan.
Studi kuda dari jurnal Leonardo - Royal Perpustakaan, Windsor Castle
Leonardo mulai membuat rencana rinci untuk casting, [17] Namun, Michelangelo dihina oleh Leonardo menyiratkan bahwa ia tidak dapat dilemparkan. [11] Pada November 1494 Ludovico memberikan perunggu yang akan digunakan untuk meriam untuk mempertahankan kota dari invasi oleh Charles VIII . [17]
Pada awal Perang Italia Kedua pada 1499, pasukan Perancis menyerang menggunakan model tanah liat seukuran untuk "Gran Cavallo" untuk praktek sasaran. Dengan Ludovico Sforza digulingkan, Leonardo, dengan Salai asisten dan teman, matematikawan Luca Pacioli , melarikan diri Milan untuk Venesia [29] di mana ia bekerja sebagai arsitek dan insinyur militer, merumuskan metode untuk mempertahankan kota dari serangan laut. [11] Setelah kembali ke Florence pada 1500, ia dan seisi rumahnya adalah tamu dari biarawan Servite di vihara Santissima Annunziata dan diberikan sebuah lokakarya di mana, menurut Vasari, Leonardo menciptakan kartun Para Perawan dan Anak dengan St Anne dan St Yohanes Pembaptis , suatu karya yang memenangkan kekaguman seperti itu "pria dan wanita, tua dan muda" berbondong-bondong untuk melihatnya "seolah-olah mereka sedang menghadiri sebuah festival besar". [30] [nb 12]
Dalam Cesena , di 1502 Leonardo memasuki pelayanan Cesare Borgia , putra Paus Alexander VI , bertindak sebagai arsitek militer dan insinyur dan perjalanan di seluruh Italia dengan pelindungnya. [29]Leonardo membuat peta dari kubu Cesare Borgia, seorang rencana kota dari Imola untuk memenangkan patronase nya. Peta itu sangat langka pada saat itu dan itu akan tampak seperti sebuah konsep baru, setelah melihat itu, Cesare disewa Leonardo sebagai kepala insinyur militer dan arsitek. Kemudian di tahun itu, Leonardo diproduksi lagi peta pelindungnya, salah satu Chiana Lembah , Tuscany sehingga memberikan pelindungnya overlay yang lebih baik dari tanah dan posisi strategis yang lebih besar. Dia menciptakan peta ini dalam hubungannya dengan proyek yang lain membangun bendungan dari laut ke Florence untuk memungkinkan pasokan air untuk mempertahankan kanal selama semua musim.
Leonardo da Vinci yang sangat akurat peta Imola, diciptakan untuk Cesare Borgia
Leonardo kembali ke Florence di mana ia bergabung dengan Guild of St Lukas pada tanggal 18 Oktober 1503, dan menghabiskan dua tahun merancang dan lukisan mural dari Pertempuran Anghiari untuk Signorina, [29] dengan Michelangelo merancang potongan pendamping nya, Pertempuran Cascina . [nb 13]Di Florence pada 1504, dia adalah bagian dari sebuah komite dibentuk untuk pindah, bertentangan dengan keinginan artis, patung Michelangelo dari David . [34]
Pada 1506 Leonardo kembali ke Milan. Banyak murid yang paling menonjol atau pengikut dalam lukisan baik tahu atau bekerja dengan dia di Milan, [11] termasuk Bernardino Luini , Giovanni Antonio Boltraffiodan Marco D'Oggione . [nb 14] Namun, ia tidak tinggal di Milan untuk waktu yang lama karena ayahnya telah meninggal pada 1504, dan tahun 1507 ia kembali di Florence mencoba memilah masalah dengan saudara-saudaranya lebih estate ayahnya. Dengan 1508 Leonardo kembali di Milan, tinggal di rumahnya sendiri di Porta Orientale di paroki Santa Babila. [35]

Old usia, 1513-19

Dari September 1513-1516, Leonardo menghabiskan sebagian besar waktunya hidup di Belvedere di Vatikan di Roma, di mana Raphael dan Michelangelo keduanya aktif pada saat itu. [35] Pada bulan Oktober 1515,Francis I dari Perancis direbut kembali Milan. [23] Pada tanggal 19 Desember, Leonardo hadir pada pertemuan Francis I dan Paus Leo X, yang berlangsung di Bologna. [11] [36] [37] Leonardo ditugaskan untuk membuat untuk Francis singa mekanik yang bisa berjalan maju, kemudian membuka nya dada untuk mengungkapkan cluster bunga lili. [38] [nb 15] Pada tahun 1516, ia masuk layanan François ', diberi penggunaan rumah bangsawan Clos Luce [nb 16] di dekat tempat tinggal raja di kerajaan Château d'Amboise. Di sinilah ia menghabiskan tiga tahun terakhir hidupnya, ditemani oleh teman dan magang, CountFrancesco Melzi , dan didukung oleh pensiun sebesar 10.000 scudi . [35]
Foto rumah abad pertengahan yang besar, dibangun dari batu bata dengan banyak jendela dan atap dan menara melingkar dengan atap berbentuk kerucut.
Clos Luce di Perancis, di mana Leonardo meninggal pada tahun 1519
Leonardo meninggal di Clos Luce , pada tanggal 2 Mei 1519. Francis aku telah menjadi teman dekat. Vasari mencatat bahwa raja memegang kepala Leonardo dalam pelukannya saat ia meninggal, meskipun cerita ini, dicintai oleh Perancis dan digambarkan dalam lukisan romantis oleh Ingres , Ménageot dan seniman Perancis lainnya, juga oleh Angelica Kauffmann , mungkin legenda ketimbang fakta . [nb 17] Vasari menyebutkan bahwa pada hari-hari terakhirnya, Leonardo memanggil pastor untuk membuat pengakuan dosa dan menerima Sakramen Kudus . [40] Sesuai dengan kehendak-Nya, pengemis enam puluh diikuti peti matinya. [nb 18] Dia dimakamkan di Kapel Saint-Hubert di Château d'Amboise. Melzi adalah pewaris utama dan pelaksana, menerima serta efek uang, lukisan Leonardo, peralatan, perpustakaan dan pribadi. Leonardo juga ingat yang lain lama pupil dan pendamping, Salai dan hambanya Battista di Vilussis, yang masing-masing setengah menerima dari Leonardo kebun-kebun anggur , saudara-saudaranya yang menerima tanah, dan istrinya melayani yang menerima jubah hitam "barang bagus" dengan tepi bulu. [nb 19] [41]
Sekitar 20 tahun setelah kematian Leonardo, Francis dilaporkan oleh tukang emas dan pematungBenevenuto Cellini yang mengatakan: "Belum pernah ada orang lain yang lahir di dunia yang tahu sebanyak Leonardo, tidak begitu banyak tentang lukisan, patung dan arsitektur, seperti yang ia adalah seorang filsuf yang sangat besar ". [42]

HUBUNGAN DAN PENGARUH

Ghiberti yang Gates of Paradise, (1425-1452) adalah sumber kebanggaan komunal. Banyak seniman membantu dalam penciptaan mereka.

Florence: latar belakang Leonardo artistik dan sosial

Florence, pada saat pemuda Leonardo, merupakan pusat Kristen Humanis pemikiran dan budaya. [16]Leonardo dimulai nya magang dengan Verrocchio pada 1466, tahun yang menguasai Verrocchio, pematung besar Donatello , meninggal. Para pelukis Uccello , yang awal percobaan dengan perspektif yang mempengaruhi perkembangan seni lukis lansekap, adalah orang yang sangat tua. Para pelukis Piero della Francesca dan Fra Filippo Lippi , pematung Luca della Robbia , dan arsitek dan penulis Leon Battista Alberti berada di enam puluhan mereka. Para seniman sukses dari generasi berikutnya adalah Leonardo guru Verrocchio, Antonio Pollaiuolo dan pematung potret, Mino da Fiesole yang manusia hidup patung memberikan kemiripan yang paling dapat diandalkan Lorenzo Medici ayah Piero dan paman Giovanni. [43][44] [45] [46 ]
Pemuda Leonardo dihabiskan di Florence yang dihiasi oleh karya-karya para seniman dan oleh sezaman Donatello itu, Masaccio , yang figuratif lukisan dinding dipenuhi dengan realisme dan emosi dan Ghibertiyang Gates of Paradise , berkilauan dengan daun emas , ditampilkan seni menggabungkan kompleks mencari komposisi dengan latar belakang arsitektur rinci. Piero della Francesca telah melakukan studi rinci tentang perspektif, [47] dan merupakan pelukis pertama yang melakukan studi ilmiah cahaya. Studi-studi dan Alberti Risalah [48] adalah untuk memiliki efek yang besar pada seniman yang lebih muda dan khususnya pada pengamatan sendiri Leonardo dan karya seni. [43] [45] [46]
Massaccio itu " The Pengusiran dari Taman Eden "yang menggambarkan telanjang dan bingung Adam dan Hawa menciptakan citra kuat ekspresif dari bentuk manusia, dilemparkan ke dalam tiga dimensi dengan menggunakan cahaya dan bayangan yang dikembangkan dalam karya Leonardo in dengan cara yang akan berpengaruh dalam perjalanan seni lukis. Pengaruh humanis Donatello yang "David" dapat dilihat dalam lukisan-an Leonardo, khususnya Yohanes Pembaptis . [43] [44]
Renungan kecil picture by Verrocchio, c. 1470
Sebuah tradisi lazim di Florence adalah altarpiece kecil dari Perawan dan Anak . Banyak dari mereka dibuat dalam tempera atau dikilapkan terakota oleh bengkel Filippo Lippi, Verrocchio dan produktif della Robbiakeluarga. [43] Madonna awal Leonardo seperti Madonna dengan anyelir dan Madonna Benois mengikuti tradisi ini sambil menunjukkan keberangkatan istimewa, terutama dalam kasus Madonna Benois di mana Virgin diatur pada sudut miring ke ruang gambar dengan Bayi Yesus di sudut yang berlawanan. Tema ini adalah komposisi muncul dalam lukisan Leonardo kemudian seperti The Perawan dan Anak dengan St Anne . [11]
Leonardo adalah seorang kontemporer dari Botticelli , Domenico Ghirlandaio dan Perugino , yang semuanya sedikit lebih tua dari dia. [44] Ia akan bertemu mereka di workshop Verrocchio, dengan siapa mereka memiliki asosiasi, dan di Akademi dari Medici . [ 11] Botticelli adalah favorit tertentu dari keluarga Medici, dan dengan demikian keberhasilannya sebagai pelukis terjamin. Ghirlandaio dan Perugino berdua produktif dan berlari lokakarya besar. Mereka kompeten disampaikan komisi kepada baik puas pelanggan yang menghargai kemampuan Ghirlandaio untuk menggambarkan warga kaya Florence dalam lukisan dinding keagamaan yang besar, dan kemampuan untuk memberikan Perugino banyak orang kudus dan malaikat manis yang tak pernah gagal dan tak bersalah. [43]
Para Altarpiece Portinari, oleh Hugo van der Goes untuk keluarga Florentine
Ketiga termasuk di antara mereka ditugaskan untuk melukis dinding Kapel Sistina , pekerjaan dimulai dengan pekerjaan Perugino di 1479. Leonardo adalah bukan bagian dari komisi bergengsi. Komisi pertama yang signifikan, The Adoration of the Magi untuk Monks dari Scopeto, tidak pernah selesai. [11]
Pada 1476, pada masa Leonardo asosiasi dengan workshop Verrocchio, para Altarpiece Portinari oleh Hugo van der Goes tiba di Florence, membawa teknik painterly baru dari Eropa Utara yang berada sangat mempengaruhi Leonardo, Ghirlandaio, Perugino dan lainnya. [44] Pada 1479 , pelukis Sisilia Antonello da Messina , yang bekerja secara eksklusif dalam minyak, perjalanan ke utara dalam perjalanan ke Venesia , di mana pelukis terkemuka Giovanni Bellini mengadopsi teknik lukisan cat minyak , dengan cepat sehingga metode yang disukai di Venesia. Leonardo juga kemudian untuk mengunjungi Venesia. [44] [46]
Seperti dua arsitek kontemporer Bramante dan Antonio da Sangallo the Elder Leonardo bereksperimen dengan desain untuk gereja perencanaan pusat, sejumlah yang muncul di jurnal-nya, baik sebagai rencana dan pandangan, meskipun tidak pernah terwujud. [44] [49]
Lorenzo de 'Medici antara Antonio Pucci dan Francesco Sassetti, dengan Giulio de' Medici, fresco oleh Ghirlandaio
Sezaman politik Leonardo adalah Lorenzo Medici (il Magnifico), yang telah tiga tahun lebih tua, dan adiknya Giuliano yang gugur di Konspirasi Pazzi di 1478. Ludovico il Moro yang memerintah Milanantara 1479-1499 dan kepada siapa Leonardo dikirim sebagai duta dari pengadilan Medici, juga usia Leonardo. [44]
Dengan Alberti, Leonardo mengunjungi rumah keluarga Medici dan melalui mereka jadi tahu filsuf Humanis lebih tua dari mereka Marsiglio Ficino , pendukung Neo Platonisme ; Cristoforo Landino , penulis komentar pada tulisan-tulisan klasik, dan John Argyropoulos , guru dari Yunani dan penerjemahAristoteles adalah yang terutama. Juga terkait dengan Akademi Medici adalah Leonardo kontemporer, penyair muda yang brilian dan filsuf Pico della Mirandola . [44] [46] [50] Leonardo kemudian menulis dalam margin dari jurnal "The Medici membuat saya dan keluarga Medici menghancurkanku . " Sementara itu lewat aksi Lorenzo bahwa Leonardo menerima kerjanya di istana Milan, tidak diketahui persis apa yang dimaksud dengan Leonardo komentar samar. [11]
Meskipun biasanya bernama bersama sebagai tiga raksasa dari High Renaissance , Leonardo, Michelangelo dan Raphael tidak dari generasi yang sama. Leonardo adalah dua puluh tiga ketika Michelangelo lahir dan tiga puluh satu ketika Raphael lahir. [44] Raphael hanya hidup sampai usia 37 dan meninggal pada tahun 1520, tahun setelah Leonardo, tapi Michelangelo melanjutkan menciptakan selama 45 tahun. [ 45] [46]
Belajar untuk potret Isabella d'Este (1500) Louvre

Kehidupan pribadi

Dalam seumur hidup Leonardo, kekuatan yang luar biasa dari penemuan, "keindahan fisik yang luar biasa"-nya, "kasih karunia yang tak terbatas", "kekuatan besar dan kemurahan hati", "roh agung dan luasnya yang luar biasa dari pikiran" seperti yang dijelaskan oleh Vasari, [51] serta semua aspek lain dari hidupnya, menarik rasa ingin tahu orang lain. Salah satu aspek tersebut adalah rasa hormatnya kepada kehidupan dibuktikan dengan vegetarian dan kebiasaannya, menurut Vasari, pembelian burung dikurung dan melepaskan mereka. [52] [53]
Leonardo punya banyak teman yang sekarang terkenal baik di bidangnya atau makna sejarah mereka.Mereka termasuk matematikawan Luca Pacioli , [54] dengan siapa dia berkolaborasi dalam sebuah buku pada 1490-an, serta sebagai Franchinus Gaffurius dan Isabella d'Este . rujukan? ] Leonardo tampaknya tidak memiliki hubungan dekat dengan wanita kecuali persahabatannya dengan dua saudara perempuan Este, Beatrice dan Isabella. [55] Ia menggambar potret Isabella sementara di perjalanan yang membawanya melaluiMantua , dan yang tampaknya telah digunakan untuk membuat potret dicat, sekarang hilang. [11]
Di luar persahabatan, Leonardo dirahasiakan kehidupan pribadinya. Seksualitas telah menjadi subyek dari sindiran, analisis, dan spekulasi. Kecenderungan ini dimulai pada pertengahan abad ke-16 dan dihidupkan kembali di abad 19 dan 20, terutama oleh Sigmund Freud . [56] hubungan Leonardo paling intim adalah mungkin dengan muridnya Salai dan Melzi. Melzi, menulis untuk menginformasikan saudara Leonardo kematiannya, menggambarkan perasaan Leonardo untuk muridnya baik sebagai penuh kasih dan penuh gairah. Telah diklaim sejak abad 16 bahwa hubungan ini adalah yang bersifat seksual atau erotis. Catatan Pengadilan 1476, ketika ia berusia dua puluh empat, menunjukkan bahwa Leonardo dan tiga pemuda lainnya didakwa dengan sodomi dalam insiden yang melibatkan seorang pelacur terkenal pria. Tuduhan itu ditolak karena kurangnya bukti, dan ada spekulasi bahwa karena salah satu de Lionardo terdakwa, Tornabuoni, terkait dengan Lorenzo de 'Medici , keluarga diberikan pengaruhnya untuk mengamankan pemecatan. [57] Sejak tanggal tersebut banyak memiliki telah ditulis tentang homoseksualitas dianggap dan perannya dalam seni, khususnya di androgini dan erotisme diwujudkan dalam Yohanes Pembaptis danBacchus dan lebih eksplisit dalam sejumlah gambar erotis. [58]
Yohanes Pembaptis . Salai diduga telah model. [59] (c. 1514) - Louvre .

Asisten dan murid

Gian Giacomo Caprotti da Oreno , dijuluki Salai atau Il Salaino ("Satu Najis Kecil" yaitu, iblis), memasuki rumah tangga Leonardo di 1490. Setelah hanya satu tahun, Leonardo membuat daftar pelanggaran ringan nya, menyebut dia "seorang pencuri, pembohong, keras kepala, dan pelahap", setelah ia membawa kabur uang dan barang berharga pada setidaknya lima kali dan menghabiskan uang untuk pakaian. [60] Namun demikian, Leonardo memperlakukannya dengan kesenangan yang besar, dan dia tetap dalam rumah tangga Leonardo selama tiga puluh tahun ke depan. [61] Salai dieksekusi sejumlah lukisan dengan nama Andrea Salai, tetapi meskipun Vasari mengklaim bahwa Leonardo "mengajarinya banyak tentang lukisan ", [38]karyanya umumnya dianggap bernilai seni kurang dari orang lain di antara murid Leonardo, seperti Marco d'Oggione dan Boltraffio . Pada 1515, ia melukis sebuah versi telanjang dari Mona Lisa , yang dikenal sebagaiMonna Vanna . [62] Salai dimiliki Mona Lisa pada saat kematiannya pada 1525, dan dalam surat wasiatnya itu dinilai pada 505 lira, sebuah penilaian yang sangat tinggi untuk potret panel kecil. [63]
Pada 1506, Leonardo mengambil murid lain, Count Francesco Melzi , anak seorang Lombard bangsawan, yang dianggap telah menjadi mahasiswa favoritnya. Dia melakukan perjalanan ke Prancis dengan Leonardo dan tetap dengan dia sampai kematian Leonardo. [11] Melzi mewarisi pekerjaan seni dan ilmiah, manuskrip, dan koleksi Leonardo dan dikelola perkebunan.

LUKISAN

Kabar Sukacita (1475-1480)-Uffizi, dianggap paling awal karya lengkap Leonardo.
Meskipun kesadaran baru dan kekaguman dari Leonardo sebagai ilmuwan dan penemu, untuk bagian yang lebih baik dari empat ratus tahun ketenarannya beristirahat pada prestasinya sebagai pelukis dan pada beberapa karya, baik diverifikasi atau dikaitkan dengannya yang telah dianggap sebagai salah karya. [64]
Lukisan-lukisan terkenal untuk berbagai kualitas yang telah banyak ditiru oleh siswa dan dibahas panjang lebar oleh para pecinta dan kritikus. Di antara kualitas yang membuat karya Leonardo unik adalah teknik inovatif yang ia gunakan dalam meletakkan di cat, pengetahuan rinci tentang anatomi, botani cahaya, dan geologi, minatnya pada fisiognomi dan cara di mana manusia mendaftar emosi dalam ekspresi dan gerakan, nya inovatif penggunaan bentuk manusia dalam komposisi kiasan, dan dia menggunakan gradasi halus nada.Semua kualitas ini datang bersama-sama dalam karya paling terkenal dicat, Mona Lisa, Perjamuan Terakhir dan Virgin of the Rocks. [65]
Unfinished lukisan StJerome di Wilderness, (c. 1480), Vatikan .

Awal bekerja

Karya awal Leonardo mulai dengan Pembaptisan Kristus dilukis bersama dengan Verrocchio. Dua lukisan lainnya muncul sampai saat ini dari waktu di bengkel, yang keduanya Annunciations . Salah satunya adalah kecil, 59 cm (23 in) cm panjang dan 14 (5,5 in) tinggi. Ini adalah sebuah "predella" untuk pergi di dasar komposisi yang lebih besar, dalam hal ini lukisan karya Lorenzo di credi dari mana ia telah menjadi dipisahkan. Yang lain adalah pekerjaan yang jauh lebih besar, 217 cm (85 in) panjang. [66] Dalam kedua Annunciations, Leonardo menggunakan pengaturan formal, seperti dalam dua Fra Angelico yang terkenal gambar dari subjek yang sama, dari Perawan Maria duduk atau berlutut di sebelah kanan gambar, didekati dari kiri oleh malaikat dalam profil dengan garmen mengalir kaya, mengangkat sayap dan membawa bunga bakung. Meskipun sebelumnya dikaitkan dengan Ghirlandaio, pekerjaan yang lebih besar sekarang umumnya dikaitkan dengan Leonardo. [67]
Pada gambar kecil Maria averts mata dan lipatan tangannya di gerakan yang melambangkan tunduk kepada kehendak Tuhan. Pada gambar yang lebih besar, bagaimanapun, Maria tidak patuh. Gadis, terganggu dalam membaca nya dengan utusan terduga, menempatkan jari di Alkitab nya untuk menandai tempat itu dan mengangkat tangan dengan sikap formal ucapan atau terkejut. [43] Wanita muda ini tenang tampaknya menerima perannya sebagai ibu Allah tidak dengan pengunduran diri tapi dengan percaya diri. Dalam lukisan ini Leonardo muda menyajikan wajah humanis dari Perawan Maria, mengakui peran manusia dalam inkarnasi Allah. [nb 20]

Lukisan dari 1480s

Virgin of the Rocks , Louvre , menunjukkan minat Leonardo di alam.
Dalam Leonardo 1480s menerima dua komisi yang sangat penting dan memulai karya lain yang juga dari tanah-melanggar pentingnya dalam hal komposisi. Dua dari tiga tidak pernah selesai, dan yang ketiga begitu lama bahwa itu adalah tunduk pada negosiasi panjang selama penyelesaian dan pembayaran. Salah satu lukisan adalah bahwa dari St Jerome di Wilderness . Bortolon rekan gambar ini dengan masa sulit dalam kehidupan Leonardo, sebagaimana dibuktikan dalam buku hariannya: ". Saya pikir saya belajar untuk hidup, saya hanya belajar untuk mati" [11]
Meskipun lukisan itu baru saja mulai, komposisi dapat dilihat dan sangat tidak biasa. [nb 21] Jerome , sebagaipeniten , menempati bagian tengah gambar, yang dibangun di diagonal sedikit dan dilihat agak dari atas.Bentuk berlutut Nya mengambil bentuk trapesium, dengan satu lengan membentang ke tepi luar dari lukisan dan tatapannya melihat ke arah berlawanan. J. Wasserman menunjukkan hubungan antara lukisan ini dan studi anatomi Leonardo. [69] Di latar depan sprawls simbol itu, seekor singa besar yang tubuhnya dan ekor membuat spiral ganda di basis dari ruang gambar. Fitur luar biasa lainnya adalah lanskap lengkap batuan terjal terhadap yang angka ini siluet.
Layar berani komposisi angka, elemen lansekap dan drama pribadi juga muncul dalam karya yang belum selesai besar, Pemujaan Orang Majus , sebuah komisi dari Monks San Donato sebuah Scopeto. Ini adalah komposisi yang kompleks, dari sekitar 250 250 cm x. Leonardo memang gambar banyak dan studi persiapan, termasuk yang rinci dalam perspektif linier dari reruntuhan arsitektur klasik yang membuat bagian dari latar belakang ke tempat kejadian. Tapi pada 1482 Leonardo pergi ke Milan atas perintahLorenzo de 'Medici untuk memenangi hati dengan Ludovico il Moro , dan lukisan itu ditinggalkan. [10] [67]
Pekerjaan penting ketiga dari periode ini adalah Virgin of the Rocks yang ditugaskan di Milan untuk Confraternity Immaculate Conception. Lukisan, harus dilakukan dengan bantuan dari Predis de saudara, adalah untuk mengisi altarpiece kompleks yang besar, sudah dibangun. [70] Leonardo memilih untuk melukis saat yang apokrif dari masa bayi Kristus ketika bayi Yohanes Pembaptis , dalam perlindungan dari malaikat, bertemu Keluarga Kudus di jalan menuju Mesir. Dalam adegan ini, karena dilukis oleh Leonardo, John mengakui dan menyembah Yesus sebagai Kristus. Lukisan itu menunjukkan suatu keindahan menakutkan sebagai tokoh anggun berlutut dalam adorasi di sekitar bayi Kristus dalam lanskap liar jatuh batu dan berputar air. [71] Sementara lukisan yang cukup besar, sekitar 200 × 120 cm, tidak hampir sama kompleks sebagai lukisan itu diperintahkan oleh para biarawan St Donato, hanya memiliki empat angka bukan sekitar lima puluh dan lanskap berbatu daripada detail arsitektur. Lukisan itu akhirnya selesai, bahkan, dua versi lukisan itu selesai, salah satu yang tetap di kapel Confraternity dan yang lainnya yang Leonardo terbawa ke Prancis. Tapi Brothers tidak mendapatkan lukisan mereka, atau de Predis pembayaran mereka, sampai abad berikutnya. [17] [29]
The Last Supper (1498) - Biara Sta. Maria delle Grazie , Milan, Italia

Lukisan dari 1490-an

Lukisan Leonardo yang paling terkenal dari 1490-an adalah The Last Supper , dicat untuk ruang makan dari Biara Santa Maria della Grazie di Milan. Lukisan itu merupakan makanan terakhir bersama oleh Yesus dengan murid-muridnya sebelum penangkapannya dan kematian. Ini menunjukkan secara khusus saat ketika Yesus baru saja mengatakan "salah satu dari kalian akan mengkhianati Aku." Leonardo bercerita tentang kekhawatiran bahwa pernyataan ini disebabkan kepada kedua belas pengikut Yesus. [17]
Novelis Matteo Bandello diamati Leonardo di tempat kerja dan menulis bahwa beberapa hari ia akan melukis dari fajar sampai senja tanpa berhenti untuk makan dan kemudian tidak melukis selama tiga atau empat hari pada suatu waktu. [72] Ini di luar pemahaman dari sebelumnya dari biara, yang diburu dia sampai Leonardo meminta Ludovico untuk campur tangan. Vasari menjelaskan bagaimana Leonardo, terganggu atas kemampuannya untuk secara memadai menggambarkan wajah Kristus dan Yudas pengkhianat, mengatakan kepada Duke bahwa ia mungkin akan diwajibkan untuk menggunakan sebelumnya sebagai modelnya. [73]
Setelah selesai, lukisan itu diakui sebagai sebuah karya desain dan karakterisasi, [74] tetapi memburuk dengan cepat, sehingga dalam waktu seratus tahun itu telah dijelaskan oleh salah satu penampil sebagai "benar-benar hancur". [75] Leonardo, daripada menggunakan teknik yang dapat diandalkan fresco, telah menggunakan tempera di atas tanah yang terutama gesso, menghasilkan permukaan yang tunduk pada cetakan dan pengelupasan. [76] Meskipun demikian, lukisan itu tetap salah satu karya paling direproduksi seni, salinan yang tak terhitung jumlahnya yang dibuat dalam setiap menengah dari karpet untuk akting cemerlang.

Lukisan tahun 1500-an

Mona Lisa atau La Gioconda (1503-1505/1507) - Louvre , Paris, Prancis
Di antara karya yang diciptakan oleh Leonardo pada abad 16 adalah potret kecil yang dikenal sebagai Mona Lisa atau "la Gioconda", yang tertawa. Dalam era ini bisa dibilang lukisan paling terkenal di dunia.Ketenaran Its bersandar, khususnya, pada senyum yang sulit dipahami pada wajah wanita itu, kualitas misterius yang dibawa mungkin dengan fakta bahwa artis telah halus dibayangi sudut-sudut mulut dan mata sehingga sifat yang tepat dari senyum tidak dapat ditentukan. Kualitas bayangan yang pekerjaan terkenal kemudian disebut " Sfumato "atau asap Leonardo. Vasari, yang umumnya dianggap telah mengenal lukisan hanya dengan reputasi, mengatakan bahwa "senyum itu begitu menyenangkan bahwa tampaknya ilahi daripada manusia, dan mereka yang melihatnya terheran-heran untuk menemukan bahwa itu adalah sebagai hidup seperti aslinya". [77] [nb 22]
Karakteristik lain yang ditemukan dalam karya ini adalah gaun tanpa hiasan, di mana mata dan tangan tidak memiliki persaingan dari rincian lain, latar belakang lanskap dramatis di mana dunia tampaknya berada dalam keadaan fluks, pewarnaan tenang dan sifat yang sangat halus dari teknik melukis, menggunakanminyak , tetapi diletakkan pada banyak seperti tempera dan dicampur di permukaan sehingga sapuan kuas yang bisa dibedakan. [nb 23] Vasari menyatakan pendapat bahwa cara lukisan akan membuat bahkan "master paling percaya diri ... keputusasaan dan tawar hati ". [80] Negara sempurna pelestarian dan fakta bahwa tidak ada tanda-tanda perbaikan atau overpainting jarang terjadi pada lukisan panel tanggal ini. [81]
Dalam lukisan Perawan dan Anak dengan St Anne komposisi lagi mengambil tema tokoh dalam lanskap yang Wasserman menggambarkan sebagai "biasa indah" [82] dan harkens kembali ke gambar St Jerome dengan sosok ditetapkan pada sudut miring. Apa yang membuat lukisan ini tidak biasa adalah bahwa ada dua tokoh miring mengatur ditumpangkan. Maria duduk di lutut ibunya, St Anne. Dia membungkuk ke depan untuk menahan anak Kristus sebagai dia bermain kasar dengan anak domba, tanda pengorbanan sendiri akan datang itu. [17] Ini lukisan, yang disalin berkali-kali, dipengaruhi Michelangelo, Raphael, dan Andrea del Sarto , [83] dan melalui mereka Pontormo dan Correggio . Kecenderungan dalam komposisi diadopsi khususnya oleh pelukis Venesia Tintoretto dan Veronese .

Gambar

Leonardo bukanlah pelukis yang produktif, tetapi dia adalah seorang penggambar yang paling produktif, menjaga jurnal penuh sketsa kecil dan gambar rinci merekam segala hal yang membawa perhatiannya. Serta jurnal terdapat banyak studi untuk lukisan, beberapa di antaranya dapat diidentifikasi sebagai persiapan untuk karya tertentu seperti Pemujaan Orang Majus, The Virgin of the Rocks dan The Last Supper. [84] awal menggambar tanggal Nya adalah Pemandangan Lembah Arno,, 1473 yang menunjukkan sungai, pegunungan, Montelupo Castle dan lahan pertanian di luar itu dengan sangat rinci. [11] [84]
Di antara gambar yang terkenal adalah Vitruvian Man , sebuah studi dari proporsi tubuh manusia, Kepala seorang malaikat, untuk The Virgin of the Rocks di Louvre, sebuah studi botani Bintang Betlehem dan gambar besar (160 × 100 cm) dengan kapur hitam di atas kertas berwarna Para Perawan dan Anak dengan St Anne dan St Yohanes Pembaptis di Galeri Nasional, London. [84] Gambar ini mempekerjakan halusSfumato teknik shading, dalam cara Mona Lisa . Diperkirakan bahwa Leonardo pernah membuat lukisan dari itu, kemiripan paling dekat untuk menjadi The Virgin dan Anak dengan St Anne di Louvre. [85]
Gambar lain yang menarik termasuk berbagai penelitian umumnya disebut sebagai "karikatur" karena, walaupun dibesar-besarkan, mereka tampaknya didasarkan pada pengamatan dari model hidup. Vasari menceritakan bahwa jika Leonardo melihat seseorang dengan wajah yang menarik ia akan mengikuti mereka sepanjang hari mengamati mereka. [86] Ada banyak penelitian dari pria muda yang cantik, sering dikaitkan dengan Salai, dengan fitur wajah langka dan banyak dikagumi, sehingga yang disebut "profil Yunani". [nb 24]Ini wajah sering dikontraskan dengan seorang pejuang. [84] Salai sering digambarkan dalam kostum kostum.Leonardo diketahui telah dirancang set untuk kontes dengan yang ini mungkin berhubungan. Lainnya, seringkali teliti, gambar menunjukkan studi gorden. Sebuah perkembangan ditandai dengan kemampuan Leonardo untuk menarik gorden terjadi pada karya-karya awalnya. Lain gambar yang sering direproduksi adalah sketsa mengerikan yang dilakukan oleh Leonardo di Florence pada 1479 menunjukkan tubuh Bernardo Baroncelli, digantung sehubungan dengan pembunuhan Giuliano, saudara Lorenzo De'Medici, dalam Konspirasi Pazzi . [84] Dengan Leonardo integritas memihak telah terdaftar di rapi cermin menuliswarna dari jubah yang Baroncelli mengenakan ketika ia meninggal.

PENGAMATAN DAN PENEMUAN

Jurnal dan catatan

Humanisme Renaisans tidak mengakui polaritas saling eksklusif antara ilmu dan seni, dan studi Leonardo dalam sains dan teknik adalah sebagai mengesankan dan inovatif sebagai pekerjaan artistiknya. [17] Studi ini tercatat di 13.000 halaman catatan dan gambar, yang seni sekering dan filsafat alam (cikal bakal ilmu pengetahuan modern), dibuat dan dipelihara setiap hari sepanjang hidup Leonardo dan perjalanan, karena ia melakukan pengamatan terus-menerus dari dunia di sekitarnya. [17]
Tulisan Leonardo sebagian besar dalam bayangan cermin kursif. Alasannya mungkin lebih praktis daripada suatu kebijaksanaan untuk alasan kerahasiaan seperti yang sering disarankan. Sejak Leonardo menulis dengan tangan kiri, besar kemungkinan bahwa lebih mudah baginya untuk menulis dari kanan ke kiri. [nb 25]
Sebuah halaman menampilkan studi Leonardo dari janin dalam kandungan (c. 1510) Kerajaan Perpustakaan,Windsor Castle
Catatan dan gambar menampilkan serangkaian luas kepentingan dan kesibukannya, beberapa seperti biasa sebagai daftar belanjaan dan orang yang berutang uang dan beberapa sebagai menarik sebagai desain untuk sayap dan sepatu untuk berjalan di atas air. Ada komposisi untuk lukisan, studi tentang rincian dan drapery, studi wajah dan emosi, hewan, bayi, pembedahan, penelitian tanaman, formasi batuan, pusaran air, mesin perang, helikopter dan arsitektur. [17]
Notebook ini awalnya-kertas lepas dari berbagai jenis dan ukuran, didistribusikan oleh teman setelah kematiannya-telah menemukan cara mereka ke dalam koleksi utama seperti perpustakaan milik kerajaan diWindsor Castle , Louvre , di Biblioteca Nacional de España , di Victoria dan Albert Museum , yangBiblioteca Ambrosiana di Milan yang memegang dua belas volume Codex Atlanticus , dan British Librarydi London yang telah menempatkan pilihan dari perusahaan notebook BL Arundel MS 263 online. [87]The Codex Leicester adalah satu-satunya pekerjaan ilmiah utama dari Leonardo di tangan swasta . Hal ini dimiliki oleh Bill Gates dan ditampilkan setahun sekali di kota yang berbeda di seluruh dunia.
Catatan Leonardo tampaknya telah dimaksudkan untuk publikasi karena banyak lembaran memiliki bentuk dan ketertiban yang akan memfasilitasi ini. Dalam banyak kasus satu topik, misalnya, jantung atau janin manusia, dibahas secara rinci baik dalam kata-kata dan gambar pada satu lembar. [88] [nb 26] Mengapa mereka tidak diterbitkan dalam seumur hidup Leonardo tidak diketahui. [ 17]

Studi ilmiah

Pendekatan Leonardo untuk ilmu pengetahuan adalah satu observasional: ia mencoba untuk memahami fenomena dengan menggambarkan dan menggambarkan secara rinci maksimal dan tidak menekankan eksperimen atau teoritis penjelasan. Karena ia tidak memiliki pendidikan formal dalam bahasa Latin danmatematika , sarjana kontemporer sebagian besar diabaikan Leonardo ilmuwan, meskipun ia mengajar dirinya Latin. Pada 1490-an, ia belajar matematika di bawah Luca Pacioli dan menyiapkan serangkaian gambar padatan teratur dalam bentuk kerangka yang akan terukir sebagai piring untuk Pacioli buku De Divina proportione , yang diterbitkan pada 1509. [17]
Tampaknya dari isi jurnalnya ia merencanakan serangkaian risalah yang akan diterbitkan pada berbagai mata pelajaran. Sebuah risalah yang koheren tentang anatomi dikatakan telah diamati selama kunjungan oleh sekretaris Kardinal Louis 'D' Aragon di 1517. [89] Aspek karyanya pada studi anatomi, cahaya dan lanskap berkumpul untuk publikasi oleh muridnya Francesco Melzi dan akhirnya diterbitkan sebagairisalah pada Lukisan oleh Leonardo da Vinci di Perancis dan Italia pada tahun 1651 dan Jerman pada 1724,[90] dengan ukiran berdasarkan gambar oleh pelukis klasik Nicholas Poussin [. rujukan? ] Menurut Arasse, risalah, yang di Perancis masuk ke enam puluh dua edisi dalam lima puluh tahun, disebabkan Leonardo harus dilihat sebagai "cikal bakal pemikiran akademik Prancis pada seni". [17]
Sebuah analisis terbaru dan lengkap Leonardo sebagai ilmuwan dengan Frtijof Capra [91] berpendapat bahwa Leonardo adalah semacam fundamental berbeda dari ilmuwan dari Galileo , Newton dan ilmuwan lain yang mengikutinya. Eksperimentasi Leonardo diikuti pendekatan metode yang jelas ilmiah, dan teorisasi dan hypothesising mengintegrasikan seni dan terutama lukisan, ini, dan unik terintegrasi Leonardo, pandangan holistik ilmu membuat dia pelopor dari teori sistem modern dan sekolah kompleksitas pemikiran.
Anatomi studi lengan, (c. 1510)

Anatomi

Pelatihan formal Leonardo dalam anatomi dari tubuh manusia dimulai dengan magang kepada Andrea del Verrocchio , yang bersikeras bahwa semua murid-muridnya belajar anatomi. Sebagai seniman, ia dengan cepat menjadi master anatomi topografi, menggambar banyak studi tentang otot , tendon dan fitur anatomi terlihat.
Sebagai seniman yang sukses, ia diberi izin untuk membedah mayat manusia di Rumah Sakit Santa Maria Nuova di Florence dan kemudian di rumah sakit di Milan dan Roma. Dari 1510-1511 ia bekerja sama dalam studinya dengan dokter Marcantonio della Torre . Leonardo dibuat lebih dari 200 halaman gambar dan banyak halaman catatan menuju risalah tentang anatomi. Makalah ini adalah tersisa untuk ahli warisnya, Francesco Melzi, untuk publikasi, tugas kesulitan besar karena ruang lingkup dan menulis istimewa Leonardo. [92] Ini yang tersisa tidak lengkap pada saat kematian Melzi yang lebih dari lima puluh tahun kemudian, dengan hanya sejumlah kecil bahan pada anatomi termasuk dalam risalah Leonardo pada lukisanyang dipublikasikan di Perancis pada 1632. [17] [92] Selama waktu itu Melzi sedang memesan bahan menjadi beberapa bab untuk publikasi, mereka diperiksa oleh sejumlah ahli anatomi dan seniman , termasuk Vasari,Cellini dan Albrecht Dürer yang membuat sejumlah gambar dari mereka. [92]
Leonardo menarik banyak penelitian dari kerangka manusia dan bagian-bagiannya, serta otot dan otot. Dia mempelajari fungsi mekanik tulang dan kekuatan otot yang diterapkan untuk itu dengan cara yang prefigured ilmu modern biomekanik . [93] Dia menarik jantung dan sistem pembuluh darah , maka organ seks dan organ internal lainnya, membuat salah satu gambar-gambar ilmiah pertama dari janin di dalam rahim. [84] Sebagai seniman, Leonardo erat diamati dan dicatat pengaruh dari usia dan emosi manusia pada fisiologi, belajar di khususnya efek dari kemarahan. Dia juga menarik banyak tokoh yang memiliki kelainan bentuk wajah yang signifikan atau tanda-tanda penyakit. [17] [84]
Leonardo juga mempelajari dan menarik anatomi banyak hewan, membedah sapi, burung, monyet, beruang, dan katak, dan membandingkan di gambarnya struktur anatomi mereka dengan manusia. Dia juga membuat sejumlah studi kuda.

Teknik dan penemuan

Sebuah desain untuk mesin terbang, (c. 1488) Institut de Perancis, Paris
Selama hidupnya Leonardo dinilai sebagai insinyur. Dalam sebuah surat kepada Ludovico il Moro ia diklaim mampu untuk membuat segala macam mesin baik untuk melindungi kota dan untuk pengepungan.Ketika ia melarikan diri ke Venesia pada 1499 ia mendapat pekerjaan sebagai seorang insinyur dan merancang sistem dari barikade bergerak untuk melindungi kota dari serangan. Dia juga memiliki skema untuk mengalihkan aliran Sungai Arno, sebuah proyek di mana Niccolò Machiavelli juga bekerja. [94] [95]jurnal Leonardo termasuk sejumlah besar penemuan, baik secara praktis dan tidak praktis. Mereka termasuk alat musik , pompa hidrolik, mekanisme engkol reversibel, mortir bersirip, dan meriam uap . [11][17]
Pada 1502, Leonardo menghasilkan gambar rentang tunggal 720-kaki (220 m) jembatan sebagai bagian dariteknik sipil proyek untuk Ottoman Sultan Beyazid II dari Konstantinopel . Jembatan ini dimaksudkan untuk menjangkau suatu lubang masuk di mulut Bosporus dikenal sebagai Golden Horn . Beyazid tidak mengejar proyek ini karena ia percaya bahwa konstruksi semacam itu tidak mungkin. Visi Leonardo dibangkitkan pada tahun 2001 ketika sebuah jembatan kecil berdasarkan desain nya dibangun di Norwegia.[96] Pada tanggal 17 Mei 2006, pemerintah Turki memutuskan untuk membangun jembatan Leonardo untuk rentang Golden Horn . [97]
Untuk sebagian besar hidupnya, Leonardo terpesona oleh fenomena penerbangan , menghasilkan banyak penelitian dari penerbangan burung, termasuk c-nya. 1505 Codex pada Flight of Birds , serta rencana untuk mesin terbang, termasuk cahaya glider menggantung dan mesin yang menyerupai helikopter . [17]Stasiun televisi Inggris Channel Four menugaskan Mesin dokumenter Leonardo Dream, untuk disiarkan pada tahun 2003. Mesin Leonardo dibangun dan diuji sesuai dengan desain aslinya. [98] Beberapa dari desain terbukti sukses, sementara yang lainnya bernasib kurang baik ketika diuji praktis.

LEONARDO LEGENDA

Francis I dari Perancis menerima nafas terakhir dari Leonardo da Vinci, oleh Ingres , 1818
Dalam seumur hidup sendiri Leonardo ketenarannya tersebut bahwa Raja Perancis membawa-Nya seperti piala dan mengklaim telah mendukungnya dalam usia tuanya dan menahannya dalam pelukannya saat ia meninggal. Minat Leonardo tidak pernah berkurang. Orang banyak masih antrian untuk melihat karya seni yang paling terkenal, T-shirt menanggung gambar yang paling terkenal, dan penulis seperti Vasari terus mengagumi kejeniusannya dan berspekulasi tentang kehidupan pribadinya dan, khususnya, tentang apa yang begitu cerdas sebenarnya yakini [ 17]
Giorgio Vasari , dalam edisi diperbesar dari Kehidupan Seniman , 1568, [99] memperkenalkan bab tentang Leonardo da Vinci dengan kata-kata berikut:
Dalam kegiatan normal peristiwa banyak pria dan wanita dilahirkan dengan bakat luar biasa, tetapi kadang-kadang, dengan cara yang melampaui alam, satu orang yang luar biasa diberkati oleh Surga dengan keindahan, kasih karunia dan bakat dalam kelimpahan sehingga ia meninggalkan pria lain jauh di belakang , semua tindakannya tampaknya terinspirasi dan memang segala yang dilakukannya jelas datang dari Allah bukan dari keahlian manusia. Semua orang mengakui bahwa ini benar Leonardo da Vinci, seorang seniman dari kecantikan fisik luar biasa, yang ditampilkan kasih karunia yang tak terbatas dalam segala hal yang dilakukannya dan yang dibudidayakan kejeniusannya begitu cemerlang bahwa semua masalah dia belajar dia dipecahkan dengan mudah.
Kekaguman lanjutan bahwa Leonardo diperintahkan dari pelukis, kritikus dan sejarawan tercermin dalam banyak upeti tertulis lainnya. Baldassare Castiglione , penulis Il Cortegiano ("The punggawa"), menulis pada tahun 1528: "... Lain dari pelukis terbesar di dunia ini melihat ke bawah pada seni di mana ia tiada bandingnya ... " [100] sedangkan penulis biografi yang dikenal sebagai "Anonimo Gaddiano" tulis, c. 1540: "jenius Nya begitu langka dan universal yang dapat dikatakan bahwa alam bekerja keajaiban atas namanya ...". [101]
Patung Leonardo di Amboise
Abad ke-19 membawa kekaguman tertentu untuk jenius Leonardo, menyebabkan Henry Fuseli untuk menulis pada 1801: "Begitulah fajar seni modern, ketika Leonardo da Vinci pecah sebagainya dengan kemegahan yang menjauhkan keunggulan mantan: terdiri dari semua elemen yang merupakan esensi dari jenius ... " [102] Hal ini bergema oleh AE Rio yang menulis pada 1861: ". Ia menjulang tinggi di atas semua seniman lain melalui kekuatan dan kemuliaan bakatnya" [103]
Pada abad ke-19, ruang lingkup notebook Leonardo dikenal, serta lukisan-lukisannya. Hippolyte Tainemenulis pada 1866: "Mungkin tidak ada di dunia contoh lain jenius sangat universal, sehingga tidak mampu memenuhi, begitu penuh kerinduan untuk yang tak terbatas, jadi tentu disempurnakan, sejauh ini menjelang abad sendiri dan abad-abad berikutnya ". [104] Seni sejarawan Bernard Berenson menulis pada 1896: "Leonardo adalah seniman yang salah satunya dapat dikatakan secara harfiah sempurna: Tidak ada yang ia tersentuh tapi berbelok ke hal keindahan abadi Apakah itu penampang tengkorak, struktur gulma, atau studi tentang otot, dia,. dengan perasaannya untuk garis dan untuk cahaya dan bayangan, selamanya ditransmutasikan ke hidup mengkomunikasikan nilai-nilai ". [105]
Kepentingan dalam jenius Leonardo terus berlanjut; ahli studi dan menerjemahkan tulisan-tulisannya, menganalisis lukisannya menggunakan teknik ilmiah, berdebat atribusi dan mencari karya-karya yang telah dicatat tetapi tidak pernah ditemukan. [106] Liana Bortolon, menulis pada tahun 1967, mengatakan: "Karena banyaknya kepentingan yang mendorong dia untuk mengejar setiap bidang pengetahuan ... Leonardo dapat dipertimbangkan, cukup benar, telah menjadi keunggulan jenius universal yang nominal dan dengan segenap nuansa menggelisahkan melekat dalam istilah tersebut. Manusia adalah sebagai hari ini tidak nyaman, dihadapkan dengan jenius, karena ia pada abad ke-16. Lima abad telah berlalu, namun kita masih melihat Leonardo dengan kagum. " [11]

CATATAN KAKI

  1. ^ Ini gambar dengan kapur merah secara luas (meskipun tidak secara universal) diterima sebagai aslipotret diri . Alasan utama untuk ragu-ragu dalam menerima sebagai potret Leonardo adalah bahwa, untuk mata modern, subjek tampak dari usia yang lebih besar dari Leonardo pernah dicapai. Ada kemungkinan bahwa Leonardo menarik ini foto dirinya sengaja usia, khusus untuk potret Raphael dari dia di The School of Athens .
  2. ^ Ada 15 karya seni yang signifikan yang berasal, baik seluruhnya atau sebagian besar, untuk Leonardo oleh sejarawan seni paling. Jumlah ini terdiri terutama lukisan di panel tapi juga meliputi mural, gambar besar di atas kertas dan dua karya yang pada tahap awal persiapan. Ada sejumlah karya lain yang juga telah dikaitkan dengan berbagai Leonardo.
  3. ^ pendekatan ilmiah modern untuk metalurgi dan teknik hanya pada masa bayi mereka selama Renaissance.
  4. ^ Sejumlah penemuan Leonardo yang paling praktis ditampilkan sebagai model yang bekerja di Museum Vinci.
  5. ^ kelahiran-Nya dicatat dalam buku harian ayah kakek Ser nya Antonio, sebagaimana dikutip oleh Angela Ottino della Chiesa di Leonardo da Vinci, dan Reynal & Co, Leonardo da Vinci (William Morrow dan Company, 1956): "Seorang cucu saya lahir tanggal 15 April Sabtu, tiga jam sampai malam ". Tanggal ini direkam dalam kalender Julian, seperti sudah waktunya Florentine dan matahari terbenam adalah 18:40, tiga jam setelah matahari terbenam akan kadang-kadang sekitar pukul 9:40 yang masih 14 April dengan perhitungan modern. Konversi ke kalender New Style menambahkan sembilan hari;. Maka Leonardo lahir 23 April menurut kalender modern yang [8]
  6. ^ Ia telah mengemukakan bahwa Caterina mungkin telah menjadi budak dari Timur Tengah "atau paling tidak, dari Mediterania". Menurut Alessandro Vezzosi, kepala Museum Leonardo di Vinci, ada bukti bahwa Piero dimiliki seorang budak Timur Tengah disebut Caterina. Bahwa Leonardo memiliki darah Timur Tengah diklaim didukung oleh rekonstruksi sidik jari seperti dilansir Falconi, Marta (December 12, 2006). "Para ahli Rekonstruksi Sidik Jari Leonardo" . Associated Press (Berita red.). Amerika Fox . Diperoleh 2010-01-06. . Bukti, seperti yang dinyatakan dalam artikel, adalah bahwa 60% orang pangsa asal Timur Tengah pola berpusar ditemukan pada sidik jari direkonstruksi.Artikel tersebut juga menyatakan bahwa klaim tersebut dibantah oleh Simon Cole, profesor kriminologi, hukum dan masyarakat di University of California di Irvine: "Anda tidak dapat memprediksi balapan satu orang dari jenis-jenis insiden, terutama jika melihat hanya satu jari. "
  7. ^ The "seni yang beragam" dan keterampilan teknis lokakarya Abad Pertengahan dan Renaissance dijelaskan secara rinci dalam teks abad ke-12 Pada Seni Divers oleh Theophilus Presbyter dan pada abad 15 awal teks Il Libro Dell'Arte O Trattato Della Pittui oleh Cennino Cennini .
  8. ^ Itu Leonardo bergabung serikat sebelum jam ini disimpulkan dari catatan pembayaran yang dilakukan ke Compagnia di San Luca di register perusahaan, Libro Rosso A,, 1472-1520 Accademia di Belle Arti. [10]
  9. ^ Karya ini sekarang dalam koleksi Uffizi , Menggambar 8P No.
  10. ^ tindakan homoseksual adalah ilegal di Renaissance Florence.
  11. ^ patung Verrocchio dari Bartolomeo Colleoni tidak dilemparkan sampai 1488, setelah kematiannya, dan setelah Leonardo sudah mulai bekerja pada patung untuk Ludovico.
  12. ^ Pada tahun 2005, studio ditemukan kembali selama pemulihan bagian dari suatu bangunan diduduki selama 100 tahun oleh Departemen Geografi Militer. [31]
  13. ^ Kedua karya ini hilang. Sedangkan komposisi seluruh lukisan Michelangelo diketahui dari salinan oleh Aristotole da Sangallo, 1542. [32] lukisan Leonardo hanya dikenal dari sketsa persiapan dan beberapa salinan bagian tengah, yang paling terkenal, dan mungkin paling tidak akurat, adalah olehPeter Paul Rubens . [33]
  14. ^ D'Oggione dikenal sebagian untuk salinan kontemporer tentang Perjamuan Terakhir.
  15. ^ Tidak diketahui untuk apa kesempatan singa mekanis dibuat tetapi diyakini telah disambut raja pada awal nya ke Lyon dan mungkin digunakan untuk pembicaraan damai antara raja Prancis danPaus Leo X di Bologna . Sebuah rekreasi dugaan singa telah dibuat dan dipamerkan di Museum of Bologna. [39]
  16. ^ Clos Luce, juga disebut Cloux, sekarang menjadi museum publik.
  17. ^ Pada hari kematian Leonardo, sebuah dekrit kerajaan yang dikeluarkan oleh raja di Saint-Germain-en-Laye , perjalanan dua hari dari Clos Luce . Ini diambil sebagai bukti bahwa Raja François tidak bisa telah hadir di ranjang Leonardo. Namun, Putih pada Leonardo: The Scientist Pertama menunjukkan bahwa dekrit itu tidak ditandatangani oleh raja.
  18. ^ Ini adalah warisan amal sebagai masing-masing dari enam puluh orang miskin akan telah diberikan biaya berkabung yang ditetapkan dalam hal kehendak Leonardo.
  19. ^ Para jubah hitam, dari bahan berkualitas baik, adalah barang yang sudah jadi dari penjual pakaian, dengan trim bulu adalah suatu kemewahan tambahan. Kepemilikan garmen ini berarti bahwa Leonardo penjaga rumah bisa menghadiri pemakamannya "sopan" berpakaian tanpa biaya sendiri.
  20. ^ Michael Baxandall daftar 5 "kondisi terpuji" atau reaksi dari Maria untuk kehadiran dan pengumuman malaikat. Ini adalah: kegelisahan, Refleksi, Kirim, Submisi dan Merit. Dalam sikap ini Maria lukisan itu tidak sesuai dengan salah satu tradisi yang diterima. [68]
  21. ^ Lukisan, yang pada abad ke-18 milik Angelica Kauffmann , kemudian dipotong-potong. Dua bagian utama ditemukan di sebuah toko barang bekas dan toko tukang sepatu dan berkumpul kembali. [69] Besar kemungkinan bagian luar dari komposisi yang hilang.
  22. ^ Apakah atau tidak Vasari telah melihat Mona Lisa adalah subyek perdebatan. Berpendapat bahwa ia tidak melihat lukisan itu didasarkan terutama pada fakta bahwa dia menggambarkan Mona Lisa memiliki alis. Daniel Arasse di Leonardo da Vinci membahas kemungkinan bahwa Leonardo mungkin dicat angka dengan alis yang kemudian dihapus. (Mereka tidak modis pada pertengahan abad ke-16.) [17] Analisis resolusi tinggi scan dibuat oleh Pascal Cotte mengungkapkan bahwa Mona Lisa memiliki alis dan bulu mata yang telah dihapus kemudian. [78]
  23. ^ Jack Wasserman menulis tentang "perlakuan yg tak ada bandingannya dari permukaan" dari lukisan ini. [79]
  24. ^ The "profil Yunani" memiliki garis lurus yang terus menerus dari dahi ke hidung-ujung, jembatan hidung yang sangat tinggi. Ini adalah fitur dari banyak Yunani Klasik patung.
  25. ^ Tangan penulis menggunakan pena split atau pena pena mengalami kesulitan mendorong pena dari kiri ke kanan di halaman.
  26. ^ Metode meminimalkan organisasi kehilangan data dalam kasus halaman yang terlibat atau hancur.

REFERENSI

  1. a b c Gardner, Helen (1970). Seni melalui Abad. hal 450-456.
  2. a b c Vasari, Boltraffio di Castiglione, "Anonimo" Gaddiano, Berensen, Taine, Fuseli, Rio, Bortolon.
  3. ^ Rosci, Marco (1977) Leonardo.. hal. 8.
  4. ^ John Lichfield, The Pindah dari Mona Lisa , The, Independen 2005/04/02 (diakses 2012/03/09)
  5. ^ Vitruvian Man disebut sebagai "ikon" di situs web berikut ini dan banyak lainnya: Vitruvian Man ,Classics Fine Art , Images Masukkan Sejarah Ilmu Pengetahuan ; Rasa ingin tahu dan perbedaan ;The Guardian: The da Vinci Code Estat
  6. ^ "The Replica Kontroversial Penambahan Mesin Leonardo" . Diperoleh 2010-12-22.
  7. ^ Capra, pp.5-6
  8. a b . Vezzosi, Alessandro (1997) Leonardo da Vinci: Renaissance Man.
  9. a b kelahiran-Nya dicatat dalam buku harian ayah kakek Ser nya Antonio, sebagaimana dikutip oleh Angela Ottino della Chiesa di Leonardo da Vinci, hal. 83
  10. a b c d e f della Chiesa, Angela Ottino (1967). Para Lukisan Lengkap Leonardo da Vinci. hal. 83.
  11. a b c d e f g h i j k l m n o p q r Bortolon, Liana (1967). Kehidupan dan Times dari Leonardo.London: Paul Hamlyn.
  12. ^ Rosci, hal. 20.
  13. ^ Rosci, hal. 21.
  14. ^ Brigstoke, Hugh (2001). The Oxford Companion Seni Barat. Oxford, ENG, Inggris.
  15. ^ Vasari, Giorgio (1568). Kehidupan Seniman. Penguin Classics. hlm 258-9.
  16. a b Rosci, hal.13
  17. a b c d e f g h i j k l m n o p q r s t u Arasse, Daniel (1998). Leonardo da Vinci.
  18. ^ Rosci, hal.27
  19. ^ Martindale, Andrew (1972). The Rise of Artis.
  20. ^ Vasari, p.258
  21. ^ della Chiesa, p.88
  22. ^ Priwer, Shana; Phillips, Cynthia (2006) The Da Vinci Semuanya Book.. hal. 245.
  23. a b Wasserman, Jack (1975) Leonardo da. Vinci. hlm 77-78.
  24. ^ Winternitz, Emanuel (1982). Leonardo Da Vinci sebagai seorang musisi.
  25. ^ Rossi, Paolo (2001). Kelahiran Ilmu Modern. hal. 33.
  26. ^ "Surat Leonardo untuk Ludovico Sforza" . . Diperoleh 2010-01-05.
  27. ^ Kemp, Martin (2004) Leonardo..
  28. ^ Codex II, 95 r, Victoria dan Albert Museum, sebagaimana dikutip oleh della Chiesa hal. 85
  29. a b c d della Chiesa, hal.85
  30. ^ Vasari, p.256
  31. ^ . Owen, Richard (2005-01-12) "Ditemukan: studio di mana Leonardo bertemu Mona Lisa" .London: The . Diperoleh 2010-01-05.
  32. ^ Goldscheider, Ludwig (1967) Michelangelo:. lukisan, patung, arsitektur. Phaidon Press. ISBN9780714813141 .
  33. ^ della Chiesa, pp.106-107
  34. ^ Gaetano Milanesi, Epistolario Buonarroti, Florence (1875), sebagaimana dikutip oleh della Chiesa.
  35. a b c della Chiesa, hal.86
  36. ^ Georges Goyau, François I, Disalin oleh Gerald Rossi. The Catholic Encyclopedia, Volume VI.Published 1909. Jakarta: Robert Appleton Perusahaan. Diakses pada 2007/10/04
  37. ^ Miranda, Salvador (1998-2007). "The Cardinals Romawi Suci Gereja: Antoine du Prat" .Diperoleh 2007/10/04.
  38. a b Vasari, p.265
  39. ^ "Rekonstruksi singa Leonardo berjalan" (dalam bahasa . Diperoleh 2010-01-05.
  40. ^ Vasari, hal.270
  41. ^ "Leonardo akan" . . Diperoleh 2007-09-28.
  42. ^ Mario Lucertini, Ana Millan Gasca, Fernando Nicolo (2004). Konsep Teknologi dan Model Matematika dalam Evolusi Sistem dan Teknik modern . Diperoleh 2007/10/03.
  43. a b c d e f Hartt, Frederich (1970). Sejarah Seni Renaisans Italia. hal 127-333.
  44. a b c d e f g h i Rosci, Leonardo, bab 1, latar belakang sejarah, pp.9-20
  45. a b c Brucker, Gene A. (1969). Renaissance Florence.
  46. a b c d e Rachum, Ilan (1979) Renaissance,. sebuah Ensiklopedia Illustrated.
  47. ^ Piero della Francesca, Pada Perspektif untuk Lukisan (De Prospectiva Pingendi)
  48. ^ Leon Battista Alberti, De Pictura, 1435. Pada Lukisan, dalam bahasa Inggris , De Pictura, dalam bahasa Latin dead link ]
  49. ^ Hartt, pp.391-2
  50. ^ Williamson, Hugh Ross (1974) Lorenzo Maha Besar..
  51. ^ Vasari, p.253
  52. ^ Vasari, p.257
  53. ^ Eugene Muntz, Leonardo da Vinci Seniman, Pemikir, dan Man of Science (1898), dikutipVegetarian Etis Leonardo da Vinci
  54. ^ Bambach, Carmen (2003). "Leonardo, Kiri-Handed juru gambar dan Writer" . Jakarta: Metropolitan Museum of Art. Diarsipkan dari aslinya pada tanggal 10 November Diperoleh 2009-10-18.
  55. ^ Cartwright Ady, Julia. Beatrice d'Este, Duchess of Milan, 1475-1497. Publisher: JM Dent, 1899; Cartwright Ady, Julia. Isabella D'Este, Marchioness dari Mantova, 1474-1539. Penerbit; JM Dent, 1903.
  56. ^ Sigmund Freud, Eine Kindheitserinnerung des Leonardo da Vinci, (1910)
  57. ^ "Bagaimana kita tahu Leonardo adalah gay?" . Bnl.gov. . Diperoleh 2011/10/29.
  58. ^ Michael Rocke, Persahabatan Terlarang prasasti, hal. 148 & N120 p.298
  59. ^ Rizzo, Alessandra (2 Februari 2011). "Seni Sejarawan Silvano Vinceti Klaim Model Pria Dibalik Leonardo da Vinci Mona Lisa" . Associated . Diperoleh November 16, 2011.
  60. ^ Leonardo, Codex C. 15V, Institut Perancis. Trans. Richter
  61. ^ della Chiesa, p.84
  62. ^ Bruto, Tom. "Goes Topless Mona Lisa" . Paintingsdirect.com. Diarsipkan dari yang asli padaDiperoleh 2007/09/27.
  63. ^ Rossiter, Nick (2003-07-04). "Mungkinkah ini rahasia senyumnya?" . Telegraph.co.uk .Diperoleh 2007/10/03.
  64. ^ Pada 1490-an Leonardo telah digambarkan sebagai seorang pelukis "Ilahi". Ketenarannya dibahas oleh Daniel Arasse di Leonardo da Vinci, pp.11-15
  65. ^ Kualitas ini karya Leonardo dibahas oleh Frederick Hartt di Sejarah Seni Renaisans Italia, pp.387-411.
  66. ^ della Chiesa, hlm 88, 90
  67. a b Berti, Luciano (1971). The Uffizi. hlm 59-62.
  68. ^ Baxandall, Michael (1974). Lukisan dan Pengalaman di Kelimabelas Century Italia. hlm 49-56.
  69. a b Wasserman, pp.104-6
  70. ^ Wasserman, p.108
  71. ^ "Perawan Misterius" . Galeri Nasional, London . Diperoleh 2007/09/27.
  72. ^ Wasserman, p.124
  73. ^ Vasari, p.263
  74. ^ Vasari, p.262
  75. ^ della Chiesa, hal.97
  76. ^ della Chiesa, p.98
  77. ^ Vasari, p.267
  78. ^ "Mona Lisa memiliki alis dan bulu mata" . BBC News. 22 Oktober . Diperoleh 2008/02/22.
  79. ^ Wasserman, p.144
  80. ^ Vasari, p.266
  81. ^ della Chiesa, hal.103
  82. ^ Wasserman, p.150
  83. ^ della Chiesa, p.109
  84. a b c d e f g Popham, AE (1946). Para Gambar dari Leonardo da Vinci.
  85. ^ della Chiesa, p.102
  86. ^ Vasari, p.261
  87. ^ "Sketsa oleh Leonardo" Turning Pages.. British Library . Diperoleh 2007/09/27.
  88. ^ Windsor Castle, Royal Library, lembaran RL 19073v-19074v dan RL 19102 masing-masing.
  89. ^ O'Malley; Saunders (1982) Leonardo di Tubuh Manusia.. New York: Dover Publications.
  90. ^ della Chiesa, p.117
  91. ^ Capra, Fritjof. The Science of Leonardo; Di dalam Pikiran Genius Renaissance. (New York, Doubleday, 2007)
  92. a b c Kenneth D. Keele, Pengaruh Leonardo da Vinci pada Anatomi Renaissance, (1964) [1]
  93. ^ Mason, Stephen F. (1962). Sejarah Ilmu. New York, NY: Buku Collier. hal. 550.
  94. ^ Roger Masters (1996). Machiavelli, Leonardo dan Ilmu Power.
  95. ^ Roger Masters . (1998) Fortune adalah sebuah Sungai: Leonardo Da Vinci dan Dream Magnificent Niccolò Machiavelli Mengubah Kursus Sejarah Florentine.
  96. ^ "Leonardo Jembatan Proyek" . . Diperoleh 2011/10/29.
  97. ^ Levy, Daniel S. (4 Oktober, 1999). "Dream dari Master" . Waktu majalah. Diarsipkan dari yang asli pada Diperoleh 2007/09/27.
  98. ^ Mimpi Leonardo Mesin
  99. ^ Vasari, hlm. 255
  100. ^ Castiglione, Baldassare (1528). Il Cortegiano.
  101. ^ "Anonimo Gaddiani", menguraikan pada Libro di Antonio Billi, 1537-1542
  102. ^ Fuseli, Henry (1801). Kuliah. II.
  103. ^ Rio, AE (1861). L'seni Chrétien.
  104. ^ Taine, Hippolyte (1866). Voyage en Italie.
  105. ^ Berenson, Bernard (1896). Para Pelukis Italia Renaissance.
  106. ^ Henneberger, Melinda. "ArtNews artikel tentang studi saat ini ke dalam kehidupan Leonardo dan bekerja" . Seni News Online. Diarsipkan dari yang asli pada Diperoleh 2010/01/10. 
Kenyataan bahwa Leonardo Da Vinci adalah seorang ahli Yahudi yang merupakan keturunan Yahudi asli dan merupakan Ketua Umum Kristen terbesar pada saat itu dan kini disinyalir merupakan tokoh utama pemalsuan Bibel umat Kristen. Dan Pertanyaannya adalah: kemanakah Bibel yg asli? jawabannya Bibel yg asli mungkin telah musnah bersama dengan musnahnya umat Yahudi penganut Bibel yg asli dibantai oleh Hitler ketika ia memimpin Berlin Timur dan berhasil melumpuhkan Berlin Barat. Dan saat itu, Leonardo Da Vinci bisa sembunyi dibalik keagamaan dan seni selain ilmu Pengetahuan empirisnya yg mendunia, tapi naas bagi Galileo Galilei.. ia dibunuh karena mempertahankan ilmu pengetahuan ilmiah yg dianggap membahayakan keagamaan.

1 komentar:

  1. Blog yang bagus dan kaya informasi.... semoga terus berkembang.... Saya ingin berbagi article tentang Perjamuan Akhir di Milan di http://stenote-berkata.blogspot.hk/2018/03/milan-di-perjamuan-akhir.html
    Lihat juga video di youtube https://youtu.be/7G-Im8pb2i4

    BalasHapus

New Tutorial

Page Fans